kumparan
search-gray
Entertainment18 Mei 2018 14:40

YouTube Akan Sertakan Detail Musisi di Video yang Mengandung Musik

Konten Redaksi kumparan
YouTube Akan Sertakan Detail Musisi di Video yang Mengandung Musik  (44952)
Ilustrasi platform YouTube. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Apa yang akan dilakukan oleh YouTube dalam waktu dekat mungkin menjadi sebuah kabar baik bagi para musisi. Sebab, platform berbagi video yang didirikan oleh tiga mantan pegawai PayPal tersebut, akan menambahkan kolom penghargaan untuk setiap karya musik yang digunakan dalam setiap video.
ADVERTISEMENT
Seperti dilansir Pitchfork, fitur baru bernama 'Music in this video' yang diluncurkan YouTube, akan memungkinkan setiap karya musik yang berupa video klip maupun video lainnya yang mengandung audio musik, untuk mencantumkan kredit kepada penciptanya, yang mencakup nama artis, penulis lagu, label, serta penerbit.
Selain mencantumkan detail yang lengkap untuk sang pencipta lagu, fitur ini juga dikabarkan akan menyediakan kolom tautan yang akan mengarahkan pengguna untuk bisa mengakses kanal resmi yang tersedia dari si pemilik lagu.
"Pengembangan kredit ini bisa terjadi karena keberadaan Content ID, sebuah sistem YouTube yang menggunakan informasi kepemilikan hak cipta dan sebuah database dokumen untuk mengidentifikasi dan mengelola konten," tulis Pitchfork.
Sementara itu, YouTube pun sempat mengumumkan tentang rencananya untuk menambah jumlah iklan kepada para penggunanya yang mendengarkan musik di platform tersebut.
ADVERTISEMENT
Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mendorong para penggunanya agar mau mendaftar ke layanan musik berlangganan YouTube yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.
"Kami tidak akan, secara spesifik, meningkatkan jumlah iklan pada YouTube. Untuk sebagian pengguna yang menggunakan YouTube seperti layanan musik berbayar sekarang ini -dan akan diuntungkan dari berbagai fitur tambahan lainnya- kami akan memperlihatkan lebih banyak iklan dan promosi untuk menjual layanan berbayar kami," tutup Lyor Cohen selaku Global Head of Music dari Youtube, dikutip dari NME.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white