Woman
·
21 Juli 2021 18:08
·
waktu baca 2 menit

Viral Mematikan Sperma di Vagina dengan Air Lemon, Ini Bahayanya

Konten ini diproduksi oleh Miss Kepo
Viral Mematikan Sperma di Vagina dengan Air Lemon, Ini Bahayanya (141229)
searchPerbesar
Ilustrasi vagina. Dok. Shutterstock
Beberapa waktu lalu, media sosial tengah ramai membicarakan tren membersihkan vagina menggunakan air lemon. Menurut beberapa orang yang telah mencobanya, air lemon memberikan manfaat untuk menghilangkan bau vagina yang tidak sedap.
ADVERTISEMENT
Selain itu, banyak perempuan yang percaya apabila menggunakan air lemon setelah berhubungan seksual dapat membantu menghilangkan sperma, sehingga terhindar dari kehamilan. Padahal, beberapa ahli menyebutkan air lemon justru berbahaya untuk digunakan di area vagina.
Mengutip The Sun, membersihkan vagina menggunakan air lemon bisa menimbulkan banyak masalah, salah satunya seperti merusak lapisan halus yang ada di vagina. Akibatnya, kamu akan mudah merasakan iritasi ketika bercinta, memakai pakaian dalam, dan lainnya.
"Membersihkan vagina menggunakan air lemon merupakan ide yang buruk. Air lemon itu sangat asam, sehingga dapat merusak lapisan halusnya. Hal ini tentunya bisa menyebabkan iritasi, rasa sakit, dan juga nyeri. Selain itu, air lemon juga bisa mengganggu keseimbangan pH," jelas dr. Sarah Jarvis GP seorang dokter sekaligus pembawa acara di berbagai acara TV Inggris.
Viral Mematikan Sperma di Vagina dengan Air Lemon, Ini Bahayanya (141230)
searchPerbesar
Ilustrasi air lemon. Dok. Shutterstock
dr. Sarah juga menegaskan bahwa hal ini juga bisa memicu berbagai macam penyakit di area vagina seperti infeksi yang berbentuk seperti sariawan hingga bakterial vaginosis yang menyebabkan keputihan berlebih.
ADVERTISEMENT
Ada juga salah satu dokter asal Inggris sekaligus pendiri dari Hanx, produk kesehatan seksual, dr. Sarah Welsh, ia juga sependapat dengan dr. Sarah sebelumnya. Di dalam video tersebut, dijelaskan apabila penggunaan air lemon bisa menyebabkan seseorang mengalami iritasi.
"Air lemon itu gak bisa menghentikan kehamilan, satu-satunya cara agar aman ketika bercinta adalah menggunakan pengamanan. Selain itu, ketika kamu merasakan hal aneh di area vagina, coba untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu," jelas dr. Sarah.

Bagaimana cara yang tepat membersihkan vagina?

Viral Mematikan Sperma di Vagina dengan Air Lemon, Ini Bahayanya (141231)
searchPerbesar
Ilustrasi vagina. Dok. Shutterstock
Untuk menghindari perempuan yang salah mengira penggunaan air lemon, dr. Shree Datta, konsultan perawatan area kewanitaan di London, menjelaskan cara yang tepat untuk membersihkan vagina.
Cara ini pun lebih mudah dibandingkan kamu harus menggunakan air lemon. Kamu hanya perlu membasuh vagina dengan handuk dan air hangat, sehingga pH berada dalam kondisi normal dan tidak menyebabkan infeksi apa pun.
ADVERTISEMENT
"Untuk menjaga kesehatan vagina, kamu cukup membasuhnya dengan air hangat. Selain itu, jangan mencoba untuk memasukkan obat-obatan ke dalam vagina," tutup dr. Shree.