KKN Rekognisi UPI: Pengalaman Sertifikasi Microsoft di Program Studi Independen

Mahasiswi Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
Konten dari Pengguna
11 November 2022 16:34
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mitha Aliah Ghefira tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Studi Independen di PT MariBelajar Indonesia Cerdas
zoom-in-whitePerbesar
Studi Independen di PT MariBelajar Indonesia Cerdas
KKN (Kuliah Kerja Nyata) Rekognisi yaitu pengakuan program MBKM-PUSPERNAS sebagai pengganti kegiatan KKN di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). KKN Tematik Rekognisi dapat diikuti oleh mahasiswa semester 6 dengan melakukan pembelajaran di program MBKM. MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan kebijakan baru yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek). Salah satu program MBKM adalah MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat.
Mitha Aliah Ghefira adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan UPI tahun 2019 yang memiliki kesempatan mengikuti Program Studi Independen Modern Educator Learning Track di PT MariBelajar Indonesia Cerdas. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan dimulai dari februari 2022 hingga juni 2022.
Program ini bertujuan untuk mengembangkan calon pendidik modern melalui pemahaman desain pembelajaran di abad 21 dan pembelajaran teknologi Microsoft for Education. PT MariBelajar Indonesia Cerdas berkolaborasi dengan Microsoft untuk mendukung pembelajaran dalam program Studi Independen.
Pada program ini, mahasiswa akan dibimbing oleh mentor dan asisten mentor yang disiapkan oleh PT MariBelajar Indonesia Cerdas untuk mengembangkan kompetensi sebagai calon pendidik di masa depan dengan melewati beberapa kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran dalam Modern Educator Learning Track memiliki ruang lingkup yang luas, salah satunya yaitu mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari teknologi Microsoft for Education, seperti: Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Sway, Microsoft OneNote, Microsoft OneDrive, Microsoft Teams, dan lainnya. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti sertifikasi Microsoft.
Mahasiswa mengikuti setiap kegiatan yang telah diagendakan, diantaranya yaitu: pembelajaran sinkronus, pembelajaran asinkronus, uji pemahaman modul, online assessment, sertifikasi Microsoft, dan capstone project.
Pertama, Pembelajaran Sinkronus.
Kelas Sinkronus
zoom-in-whitePerbesar
Kelas Sinkronus
Pembelajaran sinkronus merupakan pertemuan tatap maya dengan menyimak materi yang diberikan oleh mentor dengan metode pembelajaran diskusi, demonstrasi, dan presentasi. Kelas dibuka dengan durasi sekitar 2-3 jam melalui rapat video Microsoft Teams. Pertemuan sinkronus dilaksanakan seminggu 2-3 kali.
Kedua, Pembelajaran Asinkronus.
Kelas Asinkronus
zoom-in-whitePerbesar
Kelas Asinkronus
Pembelajaran asinkronus merupakan pembelajaran mandiri dengan kegiatan mengerjakan tugas asinkron dari setiap modul materi serta melakukan diskusi kelompok pada topik tertentu. Pembelajaran asinkronus dilaksanakan pada pukul 08.00 – 16.20 WIB. Pembelajaran asinkronus dilaksanakan 4-5 kali pertemuan dalam satu minggu. Sumber materi belajar dapat diakses melalui MariBelajarLearn.
Ketiga, Uji Pemahaman Modul.
Uji Pehamahan Modul
zoom-in-whitePerbesar
Uji Pehamahan Modul
Uji pemahaman modul merupakan bentuk penilaian pemahaman materi setelah menyelesaikan pembelajaran setiap modulnya. Uji pemahaman modul terdiri dari 12 kali ujian.
Keempat, Online Assessment.
Online Assessment
zoom-in-whitePerbesar
Online Assessment
Online assessment terdiri dari enam kali ujian untuk mengukur pemahaman mahasiswa dalam menguasai materi.
Kelima, Sertifikasi.
Sertifikasi Microsoft
zoom-in-whitePerbesar
Sertifikasi Microsoft
Mahasiswa diberi empat kali kesempatan mengikuti sertifikasi Microsoft melalui Certiport. Jenis sertifikasi yang dapat diambil diantaranya yaitu Microsoft Certified Educator, Microsoft Office Specialist Word Associate, Microsoft Office Specialist Excel Associate, Microsoft Office Specialist PowerPoint Associate.
Keenam, Capstone Project.
Diskusi Capstone Project
zoom-in-whitePerbesar
Diskusi Capstone Project
Capstone project merupakan pembelajaran berbasis masalah berupa proyek kelompok yang bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ditemukan dalam praktik pendidikan. Diskusi kelompok dilakukan dengan menggunakan Microsoft Teams dan WhatsApp Group.
Program Studi Independen di PT. MariBelajar Indonesia Cerdas memberikan pengalaman yang luar biasa. Program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi sebagai calon pendidik di abad 21 melalui penguasaan konsep desain pembelajaraan abad 21 yang dipadukan dengan teknologi Microsoft for Education. Mahasiswa dapat mengeksplorasi diri serta berinovasi dalam kegiatan belajar yang bermakna. Pembelajaran sangat interaktif dengan berbagai metode pengajaran yang dapat melatih diri untuk berpikir kritis, inovatif, dan kreatif.
Dampak yang dirasakan setelah mengikuti program Studi Independen ialah mendapatkan manfaat di luar dunia perkuliahan, seperti: pengetahuan, relasi, pengalaman, dan sertifikat internasional. Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari berbagai fitur Microsoft sebagai peningkatan kompetensi untuk persiapan memasuki dunia kerja.