• 0

58 Calon Anggota KPU dan Bawaslu Lolos Seleksi Tahap Dua

58 Calon Anggota KPU dan Bawaslu Lolos Seleksi Tahap Dua



Gedung KPU RI

Gedung KPU RI di Jalan Imam Bonjol (Foto: Iqbal/kumparan)
Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu, mengumumkan nama-nama calon yang lolos seleksi tahap kedua. Total ada 36 nama calon anggota KPU dan 22 calon anggota Bawaslu yang lolos.
Pengumuman itu disampaikan oleh tim seleksi di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta (22/12). Total 58 nama itu didapat setelah tim seleksi memilih dari total 300 nama untuk anggota KPU dan 217 nama untuk anggota Bawaslu.
Aspek-aspek yang diuji pada seleksi kedua meliputi pengetahuan pemilu, tes kesehatan, serta psikotes.
Anggota tim seleksi, Beti Alisjahbana, menginginkan agar sosok yang terpilih menjadi anggota KPU dan Bawaslu memiliki integritas tinggi. Selain itu, sifat kepempimpinan juga dibutuhkan bagi calon anggota KPU dan Bawaslu yang akan bertugas pada 2017-2022.
Beti mengingatkan beban yang dipikul calon anggota KPU dan Bawaslu di masa mendatang. "Mulai 2019 itu kan kompleksitasnya lebih tinggi lagi dibandingkam sekarang, karena serentak. Jadi harus bisa mengelola kompleksitas yang tinggi," kata Beti.
Tahap ketiga seleksi akan dilaksanakan pada mulai tanggal 16 sampai 26 Desember 2016, meliputi tes kesehatan lanjutan, dinamika kelompok, serta wawancara.
Pada tahap tiga, hanya ada 14 calon anggota KPU yang lolos dan 10 calon anggota Bawaslu. Lalu dipilih lagi hingga 7 nama anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu.
Masyarakat juga bisa berpartisipasi unuk memberikan masukan mengenai jejak rekam calon yang terpilih.
"Kita mengundang masyarakat untuk dikirimkan lewat pos atau lewat email kepada kami, tetapi bukan sifatnya dukung mendukung ya. Justru kami melihat rekam jejaknya, yang kita harapkan yang bersangkutan ada hal yang perlu dilaporkan," kata Beti.
Berikut 36 calon anggota KPU yang lolos seleksi tahap dua:

Daftar Nama Calon Anggota KPU RI

36 nama calon anggota KPU RI yang lolos seleksi tahap II (Foto: Johanes Hutabarat/kumparan)
Berikut 22 calon anggota Bawaslu yang lolos seleksi tahap dua:

Calon Anggota Bawaslu RI

22 nama calon anggota Bawaslu RI yang lolos seleksi tahap II (Foto: Johanes Hutabarat/kumparan)


PolitikNewsPilkada

500

Baca Lainnya