• 1

Cerita Jokowi Saat Putin Bingung Banyak Menteri RI Perempuan

Cerita Jokowi Saat Putin Bingung Banyak Menteri RI Perempuan



Presiden Jokowi di Istana Bogor

Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Mendiktiristek M Nasir (Foto: Twitter Jokowi)
Presiden Joko Widodo siang ini menghadiri peringatan Hari Ibu di Masjid Al Bantani, Serang, Banten. Saat berpidato, Jokowi menceritakan kisahnya saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Putih menyampaikan kebingungannya kepada Jokowi karena mayoritas menteri di Kabinet Kerja yang menjadi delegasi kunjungan ke Rusia saat itu adalah perempuan.
"Presiden Putin bisik-bisik, Presiden Jokowi, kenapa Anda menterinya banyak perempuan. Saya sampaikan karena saya suka perempuan," kata Jokowi saat memberikan sambutan di Masjid Al Bantani, Serang, Banten, Kamis, (22/12).
Saat kunjungan kerja ke Rusia itu, Jokowi memang memboyong mayoritas menteri perempuan. Yaitu Menlu Retno Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.
Para menteri itu ikut dalam pertemuan bilateral dan bertemu dengan delegasi Rusia yang mayoritas pria.
"Saya panggil pertama Bu Menlu, perempuan. Menteri kedua yang dipanggil, Menteri BUMN. Perempuan yang dipanggil terakhir Ibu Susi juga perempuan lagi. Dari Rusia, yang hadir laki-laki semua," lanjut Jokowi.
Jokowi menyampaikan dia memilih 9 orang perempuan sebagai menteri karena menilai perempuan jeli dan teliti dalam melihat masalah.
"Kalau laki-laki ndak (jeli)," sahut mantan Gubernur DKI itu.
Selain itu, perempuan juga terbukti tahan uji dan tidak pernah mengeluh. "Menteri-menteri saya yang perempuan tidak pernah mengeluh," ujar Jokowi.
Selain memberikan pidato, di Hari Ibu ini Jokowi juga menyatakan komitmennya untuk memberantas diskriminasi dan kekerasan pada perempuan dalam pembangunan nasional.
Menurut Jokowi, peran perempuan harus terus ditingkatkan agar Indonesia dapat optimal mencapai tujuan pembangunan.
Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise. Turut hadir Plt Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sembilan menteri perempuan Jokowi adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Jokowi Hari IbuNasional

500

Baca Lainnya