• 1

Hari Ibu, Jokowi: Indonesia Punya Menteri Perempuan Terbanyak di Dunia

Hari Ibu, Jokowi: Indonesia Punya Menteri Perempuan Terbanyak di Dunia



Jokowi menjamu makan siang Megawati (Foto: Setpres)

Jokowi menjamu makan siang Megawati (Foto: Setpres) (Foto: photographer/kumparan)
Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memiliki 9 menteri perempuan. Presiden Joko Widodo mengklaim ini adalah jumlah menteri perempuan terbanyak di dunia.
"Indonesia memiliki menteri perempuan sebanyak 9. Ini adalah menteri terbanyak. Indonesia adalah yang terbanyak dibandingkan negara lain," kata Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Ibu di Masjid Al Bantani, Serang, Banten, Kamis, (22/12).
Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise. Hadir juga Plt Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga hadir dalam acara tersebut.
Jokowi mengurai, setelah Indonesia, Uni Emirat Arab adalah negara kedua dengan menteri perempuan terbanyak yaitu 8 menteri. Namun bagi Jokowi, ada sejumlah alasan mengapa dia memilih banyak menteri perempuan di kabinetnya.
"Perempuan jeli dalam melihat masalah," ujar Jokowi. Perempuan juga tahan uji, teliti, dan tidak suka mengeluh.
Selain jumlah menteri perempuan yang banyak, Jokowi juga mengapresiasi jumlah bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota perempuan di seluruh Indonesia. Total ada 77 kepala daerah perempuan di Indonesia.


Jokowi Hari IbuNews

500

Baca Lainnya