• 0

Jaksa Beberkan Unsur Kesengajaan Ahok Menista Agama Terkait Pilgub DKI

Jaksa Beberkan Unsur Kesengajaan Ahok Menista Agama Terkait Pilgub DKI



Jaksa Penuntut Umum Membacakan Tanggapan Eksepsi Ahok

Jaksa Penuntut Umum tengah membacakan tanggapan terhadap eksepsi Ahok yang disampaikan pada persidangan sebelumnya. (Foto: Wahyuni Sahara)
Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam nota keberatan menyebut tidak ada niat menistakan agama, sebagaimana menjadi dakwaan pada persidangan perdana. Namun argumentasi Ahok itu dibantah oleh jaksa dalam sidang hari ini.
"Dalam menilai ada tidaknya niat suatu perbuatan tidak bisa cukup atas statement bahwa dia tidak ada niat menista atau menodai agama, tapi hubungan dari berbagai peristiwa yang melatarbelakangi dan tujuan terdakwa," ucap jaksa penuntut umum Ali Mukartono dalam persidangan di PN Jakarta Utara di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (20/12).
Ali membeberkan rangkaian peristiwa untuk menjelaskan adanya unsur kesengajaan Ahok itu dalam menista agama dan menghina ulama, yaitu kaitannya dengan Pilgub DKI.
"Meskipun pada kunjungan tersebut tidak terkait dengan pelaksanaan pilgub, akan tetapi karena terdakwa telah terdaftar sebagai cagub, maka saat sambutan dengan sengaja terdakwa menyebutkan kalimat yang memasukkan surat Al-Maidah ayat 51," terang Ali.
Argumentasi lain yang menjelaskan unsur kesengajaan Ahok dalam menista agama, adalah karena Ahok yang beragama Kristen mengetahui bahwa dalam pidatonya di Kepulauan Seribu saat itu sudah masuk tahapan Pilgub.
"Saat itu pula dikatakan kepada warga Kepulauan Seribu yang mayoritas Islam dalam Pilkada DKI 'jangan percaya sama orang, mau dibohongin, dibodohi pakai Al-Maidah 51," ujarnya.
"Dari rangkaian tersebut tak bisa dipisahkan niat terdakwa yang menempatkan Al-Maidah 51 sebagai alat atau sarana untuk membohongi dengan tujuan terdakwa ikut Pilkada," tegas Ali.
Unsur kesengajaan dalam Pasal 156 a dan 156 KUHP itu akan dbuktikan dalam sidang pembuktian.

NewsBreaking NewsHukumAhokSidang Ahok

500

Baca Lainnya