• 2

KPU RI Tinjau Pengumuman DPT di Cikini dan Setiabudi

KPU RI Tinjau Pengumuman DPT di Cikini dan Setiabudi



KPU

Komisoner KPU meninjau DPT di Kelurahan Setiabudi. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

KPU DKI Jakarta telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7,1 juta, pada Jumat (9/12) lalu. KPU RI lalu meninjau DPT yang diumumkan itu di tingkat kelurahan.
Dua komisioner KPU yang meninjau adalah Hadar Nafis Gumay dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Keduanya meninjau lokasi pertama yaitu di Kantor Kelurahan Setiabudi, Jakarta Selatan.
Begitu tiba sekitar pukul 14.00 WIB, keduanya langsung menuju papan pengumuman DPT yang memang harus dipajang oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau petugas KPU di tingkat kelurahan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Dua komisioner KPU melakukan peninjauan DPT di kelurahan Setiabudi. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Pertama Hadar hanya memastikan bahwa DPT sudah terpampang di Kantor Kelurahan. Kedua, Hadar melakukan sampling dengan mengecek salah satu nama di DPT itu dengan DPT online.
"Kita bisa mengakses data-data tersebut melalui situs resmi KPU," kata Hadar kepada wartawan di lokasi.
"Setelah kami periksa, ini sudah sesuai. Kami juga telah melakukan kroscek dengan yang sudah terdaftar di situs KPU," imbuh Ferry.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Ferry Kurnia Riskiyansah dan Hadar Nafis Gumay, dua orang komisioner KPU. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Begitu juga dilakukan di lokasi kedua yaitu di Kantor Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat. Di lokasi kedua ini juga tidak didapati masalah terkait DPT yang sudah diumumkan.
Hadar mengimbau agar warga mengecek kembali apakah namanya sudah terdaftar atau belum. Yaitu melalui https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dpt/nasional.
"Apabila tidak bisa mengecek langsung ke kelurahan, bisa cek lewat situs resmi KPU," katanya.


NewsPolitikNasionalPilgub Jakarta 2017

500

Baca Lainnya