kumplus- Berkarier di Dunia Game
15 April 2021 19:25

Peluang Karier Non-Tech di Industri Game

Industri game tak cuma membutuhkan game developer, designer, programmer, atau computer scientist. Sejumlah posisi tak kalah penting memegang peranan—dan tak melulu memerlukan keahlian komputer kelas wahid. Posisi-posisi tersebut berhubungan dengan komunitas, marketing, dan public relations. Yuk, kita cek satu per satu.
Peran community manager kini semakin krusial seiring kian intensnya interaksi antara kreator dan penggemarnya berkat penggunaan internet dan media sosial yang melejit. Community manager bertugas mengelola komunitas, menjaring orang agar mau bergabung, dan memastikan komunitas game selalu kondusif, inklusif, dan nyaman untuk semua kalangan.
Platform utama yang digunakan community manager dalam menjalankan tugasnya adalah media sosial atau platform diskusi seperti Discord. Sementara kemampuan utama yang diperlukan adalah keahlian berkomunikasi dan bersosialisasi. Ini superpenting karena semakin sukses game yang dikembangkan, ukuran komunitas pun semakin besar.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Kamu seorang pecinta video game yang bercita-cita membuat karya sendiri? Bisa banget! Pembuat game Coffee Talk, Fahmitsu, berbagi rahasia suksesnya hanya di kumparan+. Selengkapnya klik story pada daftar konten.