kumplus- Berkarier di Dunia Game
15 April 2021 19:26

Yuk, Jadi Pembuat Video Game Profesional

Industri game Indonesia memang masih muda. Namun, peluang karier di dalamnya tumbuh dengan pesat. Dan berbeda dari sepuluh atau dua puluh tahun lalu, kini akses untuk memasuki kancah dunia ini pun semakin mudah. Kalau kamu seorang pecinta video game yang bercita-cita membuat karya sendiri, jalan terbentang luas untukmu, Padawan.
Dalam artikel ini, saya akan membahas peran-peran yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan merilis game, skill set apa saja yang diperlukan, dan jenis pendidikan apa yang perlu kamu tekuni untuk bisa mendalami ilmu tiap peran tersebut.
Game designer tidak ada hubungannya dengan graphic designer meski sama-sama bertugas merancang. Keduanya berbeda ranah. Desainer game bertanggung jawab atas konten dalam game, aturan bermain, gameplay, desain level, balancing (memastikan game adil terhadap pemainnya), dan bahkan ekonomi dalam game.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Kamu seorang pecinta video game yang bercita-cita membuat karya sendiri? Bisa banget! Pembuat game Coffee Talk, Fahmitsu, berbagi rahasia suksesnya hanya di kumparan+. Selengkapnya klik story pada daftar konten.