kumparan
22 Okt 2017 13:56 WIB

Hari Terakhir, Stan e-KTP di TMII Masih Dipadati Warga

Video
Pelayanan e-KTP di stan Dukcapil Kemendagri, TMII, Jakarta, masih dipadati warga memasuki hari terakhir hari ini. Mereka mengantre sejak pagi memadati tenda pelayanan yang disediakan Ditjen Dukcapil Kemendagri.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan (kumparan.com), Minggu (22/10), hingga pukul 13.30 WIB, warga masih memadati salah satu stan di Hall F TMII, masih dekat dengan Keong Mas. Hujan yang turun deras membuat tenda itu makin dipadati, karena semua berada di dalam.
Antrean warga yang mengambil e-KTP di TMII (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
"Saya datang dari pukul 06.00 WIB pagi, udah lumayan ramai antreannya. Mau ngambil e-KTP, kemarin datang ke sini bawa persyaratannya," ucap salah seorang warga, Usmah dari Lubang Buaya, Jaktim.
"Tadi sudah ngantre, tapi belum ada. Disuruh nunggu sampai pukl 15.00 WIB. Kalau belum ada disuruh ambil ke kelurahan," imbuhnya.
Bu Usmah (kanan) saat antre e-KTP (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
Warga itu berdatangan sejak pagi saat cuaca masih cerah, dan membuat antrean seperti kemarin meski tidak panjang. Sekitar pukul 10.00 WIB, suasana sudah mulai mencair karena petugas pro aktif menemui warga yang mengantre.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, petugas memilah berkas yang diberikan warga untuk mendapatkan e-KTP. Kemendagri perlu mengecek lebih dulu berkas itu untuk memastikan tidak ada data ganda.
Kerumunan warga tengah mengambil e-KTP (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
"Hari ini hanya pelayanan penyerahan atau pendistribusian e-KTP yang kemarin sudah taruh data di sini. Pendistribusian ke masyarakat ya bagi yang sudah dicetak. Hari ini enggak ada lagi perekaman. Hari ini dilayani sampai selesai, sampai pukul 17.00 WIB," tutu salah seorang petugas, Hanafi.
"Ini pengambilannya berdasarkan abjad biar memudahkan warga. Jadi disediakan beberapa meja dijajarkan abjad A-Z," imbuhnya.
Suasana warga menunggu e-KTP (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
Untuk diketahui, ada dua stan yang disediakan, yaitu di Hall F untuk warga DKI dan Hall D untuk warga di luar DKI. Suasana di Hal D relatif tidak seramai Hall F karena memang lebih sedikit. Petugas juga menyediakan layanan berdasarkan abjad untuk mengambil e-KTP.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan