• 3

Infografis: Keajaiban Setya Novanto

Infografis: Keajaiban Setya Novanto


Infografis: Sengkarut Setya Novanto

Infografis: Sengkarut Setya Novanto (Foto: Bagus Permadi/kumparan)
Setya Novanto jadi salah satu orang cukup berpengaruh di negara ini. Bagaimana tidak, dia memimpin lembaga negara DPR RI sebagai ketua, sekaligus memimpin partai terbesar kedua, Partai Golkar, sebagai ketua umum.
Sebagai orang berpengaruh, Novanto beberapa kali tersangkut perkara yang membuatnya jatuh. Tapi beberapa kali juga dia bisa bangkit lagi. Salah satunya saat Novanto akhirnya mundur dari kursi Ketua DPR, karena tersangkut masalah etika 'Papa Minta Saham'.
Tapi hanya sekitar 6 bulan kemudian dia bisa duduk lagi di kursi DPR RI, setelah giliran Ade Komarudin yang tersangkut kasus etik.

Infografis: Sengkarut Setya Novanto

Infografis: Sengkarut Setya Novanto (Foto: Bagus Permadi/kumparan)
Politikus asal NTT itu kali ini tersangkut kasus korupsi e-KTP karena diduga menerima uang Rp 574 miliar dari proyek pengadaan e-KTP. Elektabilitas Partai Golkar diakui langsung merosot karena kasus Novanto itu.
Novanto saat ini bak di ujung tanduk. DPP Partai Golkar diam-diam menyusun skenario pergantian Novanto melalui rapat harian, yang dimotori oleh Kahar Muzakkir, Yorrys Raweyai dan Nurdin Halid. Rekomendasinya satu: Meminta Novanto nonaktif dari kursi Ketum Golkar.
Saat bersamaan, kondisi kesehatan Novanto disebut menurun sejak 10 September sehingga dirawat di RS Siloam lalu pindah ke RS Jatinegara. Karena kesehatan itu pula dia tidak bisa memenuhi panggilan KPK.
Hari ini, status tersangka Novanto akan diuji dalam sidang prapradilan. Ketua Harian Golkar Nurdin Halid, menyebut apapun keputusan prapradilan tidak akan mengubah rekomendasi DPP yang meminta Novanto nonaktif untuk diganti dengan Plt lalu ketum baru.
Apakah Novanto akan jatuh tersangkut kasus yang melilitnya, atau bisa bertahan?


NewsPolitikSetya NovantoSetnov SakitInfografik

500

Baca Lainnya