Pencarian populer

Istana Akan Pamerkan Lagi Koleksi Lukisan untuk Meriahkan HUT RI

Pratikno dan Triawan Munaf (Foto: Yudhistira Amran/kumparan)

Untuk memeriahkan bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Indonesia, pemerintah akan kembali menyelenggarakan pameran lukisan. Acara ini pada tahun 2016 digelar oleh Istana Kepresidenan bertajuk 17|71 di Galeri Nasional, Jakarta.

Menteri Sekretaris, Negara Pratikno, mengatakan acara pameran lukisan ini menjadi salah satu pembuka peringatan HUT ke-72 RI tahun ini. Pratik menjanjikan akan ada banyak sekali lukisan istana yang bakal ditampilkan ke publik.

"Nanti selama bulan kemerdekaan ini, kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan yang bergiat bukan hanya kita-kita yang ada di Jakarta, tetapi juga masyarakat kita seluruh Indonesia, di seluruh lapisan masyarakat. Jadi kita akan mengawali nanti pada tanggal 1 Agustus itu dengan melaunching pameran lukisan seperti tahun yang lalu," kata Pratikno di Halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/7).

"Jadi kita akan ada pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan, yang tahun ini kita beri tajuk Senandung Ibu Pertiwi. Yakinlah bahwa masih banyak koleksi istana yang akan ditampilkan, yang ini pengalaman dari tahun lalu ini sangat ditunggu masyarakat," lanjut dia.

Pratikno dan Triawan Munaf (Foto: Yudhistira Amran/kumparan)

Pratikno mengharapkan agar tahun ini antusiasme masyarakat terhadap pameran lukisan akan luar biasa. Bukan hanya untuk melihat lukisan, tetapi juga untuk kegiatan-kegiatan yang lain.

Kegiatan itu nantinya akan dipandu oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Tidak hanya pameran lukisan, ada juga zikir kebangsaan pada awal bulan Agustus yang akan diselenggarakan di Istana Merdeka.

"Jadi kegiatan nanti dipandu Pak Triawan, Kepala Bekraf akan menjelaskan hal-hal semacam itu dan tanggal 1 (Agustus) launchingnya bukan hanya launching untuk pameran lukisan selama satu bulan, tapi kita juga akan menyelenggarakan zikir kebangsaan," ucap Pratikno.

"Dengan tema Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan di halaman Istana Merdeka pada pukul 19.30 WIB pada tanggal 1 Agustus. Jadi itu zikir itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren, yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan," imbuhnya.

Masyarakat pun didorong untuk berpartisipasi aktif dalam bulan kemerdekaan tersebut. Ditambahkan Pratikno, berbagai kementerian juga siap untuk menampung inisiatif-inisiatif yang ada di masyarakat.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Foto: Yudhistira Amran/kumparan)

Sementara itu, Kepala Bekraf Triawan Munaf menuturkan bahwa bulan kemerdekaan bersifat partisipatif. Bukan saja acara dari istana namun masyarakat serta kementerian dan lembaga juga membuat kegiatan.

"Tadi sudah disampaikan pameran lukisan. Kita ingin pameran lukisan pada tanggal 1 (Agustus) ini selain sebagai goal, tapi kita ingin pameran ini semakin lama, semakin tahun, semakin menarik. Jadi jangan hanya pameran lukisan yang pertama dulu saja yang dikunjungi oleh ribuan orang, sampai susah sekali mengaturnya," tutur Triawan Munaf.

Tapi tahun ini pun, diungkapkan Triawan Munaf, momentum kemerdekaan ini ingin dijadikan sebagai akses bagi masyarakat dan peminat seni untuk bisa melihat koleksi istana yang tidak bisa setiap hari dilihat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53