• 2

Ahok dalam Dugaan Penistaan Agama

Ahok dalam Dugaan Penistaan Agama



Batik Ahok

Ahok mengenakan batik motif parang pada sidang perdana yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Foto: AP Pool)
Dengan sabar, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melayani pertanyaan wartawan soal sidang dugaan penistaan agama. Tak henti tersenyum, Gubernur DKI Jakarta itu hanya menjawab singkat, “Tunggu saja besok,” katanya di sela-sela acara peringatan Hari Ibu di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (19/12).
Ahok akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (20/12). Sidang lanjutan ini beragendakan mendengarkan tanggapan jaksa atas nota keberatan.
"Sidang akan dimulai pukul 09.00 WIB," kata Kepala Humas PN Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, Senin (19/12).
Pada sidang perdana yang digelar persis sepekan sebelumnya, jaksa penuntut umum mendakwa Ahok dengan tuduhan penodaan agama Islam. Majelis hakim yang dipimpin Dwiarso Budi Santiarto memperbolehkan Ahok membacakan eksepsi setelah mendengarkan surat dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum.
Tuduhan itu bermula pada 27 September 2016. Saat itu Ahok berpidato di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Ucapan Ahok menyinggung tentang Surat Al-Maidah ayat 51, yang belakangan dipersoalkan.

Infografis Ahok

Surat dakwaan Ahok. (Foto: kumparan)

Infografis Ahok

Nota keberatan kuasa hukum Ahok. (Foto: kumparan)

Sambil membacakan eksepsi, Ahok menyatakan tidak bermaksud menafsirkan Surat Al-Maidah ayat 51, apalagi menista agama Islam. Dia pun menangis ketika mengungkit tentang hubungan dengan keluarga angkatnya yang beragama Islam. Kepada kumparan sehari setelah sidang perdana, Ahok mengungkapkan momen itu.

Infografis Ahok

Kutipan kata-kata Ahok. (Foto: kumparan)
Selasa pagi (20/12), PN Jakarta Utara yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Nomor 17, Jakarta Pusat, dipenuhi massa yang terbagi dalam dua kubu: Pendukung dan pelawan Ahok. Total polisi yang menjaga pengadilan, menurut Kepala Bagian Humas Polres Jakarta Pusat, Kompol Suyatno, mencapai tiga ribu orang.

Sidang Lanjutan Ahok

Mass anti-Ahok juga menghadiri sidang lanjutan dugaan penistaan agama oleh Ahok. (Foto: Viry Alifiyadi)
Ahok terancam hukuman pidana penjara maksimal lima tahun jika terbukti melakukan penistaan agama. Bagaimana persidangan kasus Ahok selanjutnya?



Breaking NewsNewsSidang AhokAhok

500

Baca Lainnya