• 1

Hindari 8 Hal Ini Kalau Kamu Mau Tidur Nyenyak

Hindari 8 Hal Ini Kalau Kamu Mau Tidur Nyenyak


Tidur

Ilustrasi tidur (Foto: Thinkstock)
Tidur itu bukan hanya soal kuantitasnya. Kualitas dari tidur juga sangat membantu tubuh kita kembali segar menghadapi aktivitas sehari-hari.
Peran tidur juga sangat vital bagi manusia. Telah ada riset yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berpengaruh pada kesehatan mental, membuat buruknya performa dan konsentrasi kita. Selain itu dalam jangka panjang, kurang tidur dapat meningkatkan risiko kanker dan juga Alzheimer.
Nah, menurut pendapat ahli yang dikutip dari Business Insider, Stephanie Romiszewski, psikolog dan juga pemilik Sleepy Head Clinic di Inggris, ada delapan kegiatan yang sebaiknya dihindari untuk mendapat tidur yang lebih berkualitas.

1. Menggunakan 'mode malam' di ponsel atau gadget
Romiszewski menjelaskan bahwa cahaya apapun, betapapun redupnya, bisa mengurangi jumlah melatonin, hormon yang membantu kita tidur, yang diproduksi tubuh. Dengan melihat pada ponsel atau gadget di malam hari, itu malah membuat tubuh menjadi tak bisa istirahat.

Ponsel pintar

Ilustrasi pengguna ponsel pintar. (Foto: Niekverlaan via Pixabay)

2. Tidur sambil dengar musik
Hal yang satu ini pasti cukup sering kita lakukan. Ternyata menurut Romiszewski, tidur sambil mendengarkan musik itu tak masalah bagi tidur kita, selama musik yang kita dengar menenangkan dan tidak membuat jantung berdebar-debar.
Ia juga menyarankan agar menyetel pengatur waktu agar musik dapat berhenti secara otonom. Karena jika tidak, Anda tidak akan bisa mencapai fase deep sleep atau fase di mana biasanya mimpi terjadi.

Ilustrasi Musik

Ilustrasi mendengarkan musik. (Foto: Thinkstock/LDProd)

3. Olahraga sebelum tidur
Olahraga memang adalah cara mudah dan sehat membuat tubuh kita lelah. Tetapi jika Anda olahraga sebelum tidur yang terjadi adalah tubuh kesulitan untuk tenang dan beristirahat, jelas Romiszewski. Sebaiknya lakukan olahraga saat siang hari, atau beberapa jam sebelum berencana tidur.

Tidur 5

Olahraga pada pukul 4 sore hingga 7 malam. (Foto: Thinkstock)

4. Membuat catatan sebelum tidur
Memang membuat catatan sebelum tidur dapat membantu kita mengingat apa yang akan kita lakukan keesokan harinya. Tetapi ternyata ada baiknya mencatat jadwal rencana kegiatan satu jam sebelum kita tidur. Hal ini dikarenakan otak kita akan terus memikirkan jadwal tersebut dan membuat kita sulit tidur.

Ilustrasi Menulis Daftar

Ilustrasi menulis daftar. (Foto: Dok. Pixabay)

5. Menggunakan aplikasi pencatat tidur atau aplikasi pembuat relaks
Mungkin aplikasi-aplikasi seperti ini cukup membantu, tetapi menurut Romiszewski, mereka sebaiknya digunakan sesering mungkin, tak hanya di malam hari saja. Agar aplikasi ini bermanfaat bagi kita, diperlukan penggunaan secara berlanjut.
Selain itu, aplikasi yang mencatat waktu tidur malah dapat membuat kamu lebih mudah merasa khawatir dan sulit tidur. Hal ini karena saat melihat data, kamu tidak mendapat tidur yang cukup lantaran ada rasa khawatir.

6. Siap-siap tidur
Menurut Romiszewski, kegiatan seperti memakai baju tidur, menggosok gigi, atau menyiapkan tempat tidur dapat mengganggu tidur Anda. Ia menyarankan untuk melakukan itu semua sekitar satu jam sebelum Anda ingin tidur.

Ilustrasi Tempat Tidur

Ilustrasi tempat tidur. (Foto: Pixabay)

7. Mementingkan jumlah jam tidur dibandingkan kualitas
Kualitas lebih baik dibandingkan kuantitas, dan durasi tidur yang lama bukan berarti tidur yang kita dapatkan itu berkualitas. Menurut Romiszewski, sebaiknya kita menunggu sampai tubuh sudah lelah dan mengantuk, baru mulai tidur. Bukannya terpaku pada jam berapa dan kapan harus bangun. Tidur yang pendek dan tidak terganggu lebih baik dibandingkan berbaring di atas tempat tidur tetapi tidak tidur.

Sleep

Kurang tidur bisa picu kelainan mental (Foto: Thinkstock)

8. Tidur siang
Tidur siang ternyata adalah salah satu kegiatan yang dapat merusak pola tidur kita. Hal ini dikarenakan tidur siang membuat kita tidak merasa lelah di malam hari.
Selain delapan kegiatan yang harus dihindari tadi, Romiszewski juga menambahkan jika ingin memiliki pola tidur yang sehat, sebaiknya kamu bangun pada waktu yang sama tiap hari, tak peduli seberapa mengantuknya.

SainsListicle SainsTipsTidurKesehatan

presentation
500

Baca Lainnya