Buzz
·
22 Juli 2021 20:40
·
waktu baca 3 menit

Pengalaman dan Pelajaran Mengikuti Ekstrakurikuler Paskibra Sekolah

Konten ini diproduksi oleh Muhammad Haryo Pambudi
Pengalaman dan Pelajaran Mengikuti Ekstrakurikuler Paskibra Sekolah (43401)
searchPerbesar
sumber gambar : pixabay.com
Sebelumnya saya pernah bercerita tentang pengalaman mengikuti ekstrakurikuler pramuka khususnya pada saka bahari. Saya mengikuti paskibra sekolah karena adanya penampilan performa ekstrakurikuler di sekolah saat masa pengenalan lingkungan sekolah. Saya kagum dengan keindahan dalam langkah baris-berbaris dalam formasi yang sangat keren.
ADVERTISEMENT
Setelah beberapa minggu penampilan performa ekstrakurikuler sekolah, paskibra sekolah saya mengumumkan rekrutmen baru. Saya pun segera mencari informasi lebih lanjut dengan menanyakan kepada senior saya. Senior saya menjelaskan bahwa nanti akan ada pembekalan materi dan pelaksanaan seleksi.
Jadi sebelum bisa menjadi anggota paskibra sekolah, nantinya akan ada pembekalan materi selama beberapa minggu lalu seleksi anggota paskibra. Selama pembekalan materi, saya mengikuti dengan sungguh-sungguh. Suasana kehangatan saja sudah terasa selama menjadi calon anggota, apalagi setelah jadi paskibra nantinya, pikir saya dalam hati.
Tidak terasa beberapa minggu berlalu, kini pelaksanaan seleksi paskibra sekolah sudah di depan mata. Saat pelaksanaan seleksi, yang diujikan meliputi kegiatan fisik seperti lari 12 menit, sit up, dan push up, serta tes keterampilan baris-berbaris. Di hari itu saya sudah menunjukkan performa terbaik, sayangnya saat pengumuman seleksi, nomor urut saya tidak ada dalam list yang diterima.
ADVERTISEMENT
Tidak putus asa, saya kembali mengikuti tes yang kedua dengan mempersiapkan latihan yang lebih giat lagi, dan saya akhirnya dinyatakan lolos. Kini saya telah resmi menjadi paskibra sekolah saya. Tentu saja setelah diterima sebagai anggota paskibra sekolah saya harus lebih giat dalam mengikuti latihan baris-berbaris.
Pengalaman dan Pelajaran Mengikuti Ekstrakurikuler Paskibra Sekolah (43402)
searchPerbesar
Sumber gambar : Dokumentasi paskibra sekolah saya saat persiapan pengibaran bendera merah putih
Dari ekstrakurikuler paskibra, banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang saya terima. Yang pertama yaitu jiwa korsa atau disebut juga rasa kebersamaan. Jadi selama latihan kita merasakan susah dan senang bareng, jika ada satu orang yang terkena hukum, maka kita sebagai temannya juga ikut merasakan dan berlaku juga sebaliknya.
Kedua, di paskibra saya dilatih untuk menjadi seorang pemimpin. Dalam kegiatan paskibra ada yang disebut danton (komandan pleton) yang bertugas memimpin barisan. Komandan pleton ini terkenal dengan suaranya yang keras dan tegas.
ADVERTISEMENT
Ketiga, melatih kedisiplinan diri saya, sifat disiplin harus melekat pada seorang paskibra. Dalam melaksanakan perintah harus cepat dan tepat serta bisa dipertanggung jawabkan.
Keempat, melatih fisik dan mental. Selama kegiatan paskibra, latihan fisik dan mental sudah menjadi makanan sehari-hari. Sehingga membuat tubuh saya menjadi sehat dan kuat.
Kelima, menambah relasi pertemanan. Seperti yang saya sebut sebelumnya, suasana hangatnya pertemanan sangat terasa selama mengikuti kegiatan paskibra. Banyak teman-teman yang baik dan asik.
Terakhir, yaitu kerja sama. Dalam satu barisan paskibra, langkah kaki yang kompak merupakan salah satu contoh kerja sama yang baik. Selain itu, saat membuat formasi barisan, saya dan teman-teman paskibra bekerja sama untuk merangkai gerakan dari awal hingga akhir.
ADVERTISEMENT
Penutup
Sekian cerita pengalaman saya selama mengikuti kegiatan paskibra sekolah. Kesimpulannya adalah banyak dampak positif yang dihasilkan melalui mengikuti kegiatan paskibra sekolah.