Tekno & Sains
·
4 September 2021 13:37
·
waktu baca 2 menit

Pengalamanku Mengajar Saat SMP

Konten ini diproduksi oleh Muhammad Haryo Pambudi
Pengalamanku Mengajar Saat SMP  (775341)
searchPerbesar
Photo by Sasint From Pixabay
Halo, berjumpa kembali dengan saya. Pada kesempatan menulis kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman menjadi pengajar saat masih duduk di bangku kelas 3 di SMPN 3 Batam.
ADVERTISEMENT
Cerita ini termasuk flashback beberapa tahun yang lalu. Cerita ini bermula ketika suatu hari guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sedang berhalangan hadir karena ada urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan, padahal saat itu sedang ada jam pelajarannya.
TIK merupakan pelajaran yang sangat favorit pada saat itu karena belajarnya di laboratorium TIK yang ber-ac dan seru untuk dipelajari.
Agar teman-teman kelas tidak kecewa, guru TIK saya menunjuk 3 orang siswa untuk mengajar teman kelas. 3 orang tersebut di antaranya Shod, Den, dan saya. Kami bertiga juga tidak terlalu jago dalam pelajaran TIK, tetapi karena ini merupakan amanah yang diberikan oleh guru, jadi tetap kami laksanakan.
Untuk melaksanakan tugas, kami terbagi menjadi 2 tim, yaitu tim pengajar dan tim mengatasi masalah (menjawab pertanyaan teman-teman kelas). Tim pengajar diisi oleh Shod dan Den, sedangkan saya masuk ke dalam tim mengatasi masalah.
ADVERTISEMENT
Kedua teman saya menjelaskan materi tentang blog wordpress dengan sangat baik menurut saya, tetapi masih banyak sekali teman kelas yang masih kebingungan dan banyak bertanya. Di sini saya sadar bahwa kemampuan setiap orang berbeda-beda.
Di saat teman-teman bertanya, saat itulah saya menjalankan tugas. Menjawab pertanyaan, memberi tahu penyebab dan solusi permasalahan seputar materi. Dalam hati saya berkata, “Ternyata begini rasanya menjadi guru, harus memiliki sifat yang sangat sabar saat mengajar.”
Alhamdulillah selama proses mengajar tersebut tidak ada kendala dan berjalan dengan baik dan lancar. Setelah jam pelajaran selesai kami bertiga dan teman satu kelas kembali menuju kelas masing-masing untuk mengikuti pelajaran selanjutnya. Pengalaman mengajar ini merupakan salah satu bagian paling berkesan dalam hidup saya karena terjun langsung ke lapangan, banyak pelajaran yang bisa diambil walaupun hanya beberapa jam saja.
ADVERTISEMENT
Dari mengajar ini juga melatih skill komunikasi dan proses mengatasi masalah dengan cepat dan tenang. Hingga saat kuliah ini, saya sangat menyukai yang berhubungan dengan pemecahan masalah karena mengembangkan cara berpikir kreatif dan bijak dalam bertindak.
Sekian cerita pengalaman mengajar saat smp dari saya, semoga bisa menjadi motivasi teman-teman, terima kasih !