• 0

USER STORY

Mengasah Kreativitas dan Penelitian Mahasiwa Lewat PKM Kemenristekdikti

Mengasah Kreativitas dan Penelitian Mahasiwa Lewat PKM Kemenristekdikti


Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Mengolah sebuah kreativitas merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh anak muda terutama mahasiswa. Hal ini dikarenakan mahasiswa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengeksplorasi mengenai berbagai isu-isu yang berkembang di masyarakat saat ini.
Kemenristek dikti setiap tahunnya mengadakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang melingkupi tujuh bidang yakni penulisan gagasan tertulis dan artikel ilmiah diselenggarakan pada bulan Januari dan Februari, sementara lima bidang lainnya yakni teknologi, penelitian, karsa cipta, kewirausahaan dan pengabidan masyarakat dihelat pada bulan September-Oktober.
Universitas Esa Unggul menjadi salah satu perguruan tinggi yang mengikuti Program PKM ini.Barika Gumai, Staff Bidang Kemahasiswaan Esa Unggul mengatakan Dalam ajang PKM Kemenristek Dikti Esa Unggul telah ikut berpartisipasi selama dua tahun dan telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam ajang tersebut.
"Selama kita mengikuti PKM yang diselenggarakan oleh Kemeristek Dikti tersebut, kita selalu membawa penghargaan dan memenangkan berbagai bidang. Salah satu bidang yang sering memenangkan PKM tersebut ialah bidang Kewirausahaan," tutur Barika, di Universitas Esa Unggul, Jumat 18 Agustus 2017 lalu.
Dari ajang tersebut, Universitas Esa Unggul mendapatkan dana bantuan hibah penelitian sejumlah 5 hingga 12 juta rupiah. Untuk itu Kampus sangat mendorong para mahasiswa untuk dapat meningkatkan penelitian dan kretivitas di bidang penelitian.
"Esa Unggul secara berturut-turut mendapatkan dana hibah dalam ajang PKM ini, dana yang didapatkan sejumlah 5 hingga 12 juta rupiah, selain itu juga para dosen yang membimbing juga mendapatkan reward dari pihak kampus untuk itu kami sangat mendorong mahasiswa mengikuti hal ini," ujarnya.

Barika pun berharap mahasiswa Esa Unggul dapat mengikuti dengan semangat PKM yang diadakan oleh Kemenristek Dikti, kebanyakan saat ini merasa takut mengikuti penelitian dalam ajang PKM tersebut. Padahal jika para mahasiswa mengikuti kegiatan itu, banyak manfaat yang akan didapatkan baik oleh mahasiswa maupun dosen pembimbing.
"Mahasiswa seahrusnya tidak usah mengkhawatirkan apapun, cukup bermodalkan ketekunan dan fokus pada setiap penelitian yang akan mereka lakukan Jangan takut saat mengikuti PKM ini. Karena PKM sangat bermanfaat untuk mengasah dan mengembangkan daya kreativitas dan penelitian setiap mahasiswa," tutup Barika.
Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa Kemenristekdikti diadakan oleh Bagian Kemahasiswaan yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa baru dan mahasiswa berprestasi pada jumat (18/08) lalu. Sosialisasi ini pun dimaksudkan untuk memberikan semangat dan penyuluhan mengenai ajang PKM lima bidang kemenristekdikti yang akan diadakan pada bulan September dan Oktober.

500

Baca Lainnya