kumplus- Mutti Anggitta- Perundingan Ukraina dan Rusia

Perundingan Rusia-Ukraina: Perdamaian Sudah Dekat?

LAB45, Analis Utama Politik Keamanan
21 Maret 2022 9:52
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki minggu keempat. Setidaknya 700 warga sipil Ukraina menjadi korban jiwa dan lebih dari 1.000 lainnya mengalami luka-luka. Seperti di Syria dan Chechnya, invasi Rusia di Ukraina juga menjadikan wilayah berpenduduk padat sebagai target pengeboman. Tak kurang tiga juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga terdekat.
Dengan kekuatan militer jauh di atas kekuatan militer Ukraina, idealnya Rusia dapat memenangkan perang ini dengan cepat. Akan tetapi, pada kenyataannya, perang masih berlangsung dan tanda-tanda kemenangan Rusia masih belum terlihat. Kuatnya resistensi dari warga sipil dan militer Ukraina yang mendapat bantuan persenjataan dari 28 negara serta beratnya sanksi ekonomi atas Rusia dari komunitas internasional membuat perang ini tidak mudah untuk dimenangkan oleh Presiden Putin.
Di medan perang di berbagai wilayah di Ukraina, dunia masih menyaksikan berlangsungnya penggunaan kekerasan. Akan tetapi, di meja perundingan antara Rusia dan Ukraina, dunia juga melihat adanya progres cukup baik yang mengindikasikan sebuah kesepakatan dapat dicapai. Sejauh apa kita dapat optimis bahwa perang akan segera berakhir?
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Apakah lebih banyak hulu ledak nuklir akan membuat dunia internasional lebih aman? Bagaimana dengan terorisme bersenjatakan nuklir? Kolom Mutti Anggitta, Analis Utama Keamanan dan Perempuan LAB45.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten