• 2

Dapat Rekomendasi Ikut Pilgub Jatim, Khofifah Surati Jokowi

Dapat Rekomendasi Ikut Pilgub Jatim, Khofifah Surati Jokowi


Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Yudhistira Amran/kumparan)
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa telah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai Demokrat dan Partai Golkar untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur tahun depan. Khofifah akan mengirimkan surat permohonan petunjuk kepada Presiden Joko Widodo, Senin (27/11) besok.
“Jadi Insya Allah besok saya akan menyampaikan surat tertulis kepada Bapak Presiden melalui Kantor Kementerian Sekretaris Negara. Insyaallah di dalam surat itu, kami menyampaikan informasi, artinya saya sudah dapat rekomendasi dari Partai Demokrat dan Partai Golkar,” kata Khofifah usai menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Bukit Hijau Regency, Taman Setiabudi, Medan, Sumatera Utara, Minggu (26/11).
Dalam surat tersebut, Khofifah meminta arahan kepada Presiden Jokowi terkait keikutsertaannya dalam Pilkada Jawa Timur 2018.
“Ini artinya, kalau dihitung sudah cukup untuk mencalonkan sebagai cagub di Pilgub Jawa Timur tahun depan. Selanjutnya mohon arahan,” lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa.
Khofifah tidak ingin ada kesan meninggalkan tugasnya sebagai Mensos. Ia pun membantah surat yang akan dikirimkan adalah surat pengunduran dirinya.
“Nah, itu kan kalau itu saya ‘tinggal gelanggang’. Kami ini para menteri, saya itu kan pembantu Presiden. Menteri ini kan mendapat mandat itu, berusaha memaksimalkan, menjalankan tugas sesuai dengan Keppres. Keppres itu, ya, mandat dan amanat yang harus dilaksanakan oleh masing-masing menteri, sesuai pakta integritas yang ditanda tangani,” jelas Khofifah.
Apabila Presiden Jokowi tetap mengarahkannya untuk menjadi menteri, Khofifah akan mengikuti prosesnya sesuai urutan yang diberikan oleh Jokowi.
“Seharusnya ada sequence-nya, tidak perlu melompat-lompat gitu. Kita berjalan di atas sequence. Dan nanti insyaallah akan saya update,” ucap Khofifah.
Khofifah dan Emil Dardak telah menerima surat keputusan (SK) rekomendasi dari dua partai, yaitu Partai Demokrat pada Selasa (21/11) dan Partai Golkar, Rabu (22/11) untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur 2018. PD memiliki 13 kursi di DPRD Jatim, dan Golkar 11 kursi. Dengan demikian Khofifah-Emil mengantongi 24 kursi dukungan.
Sampai saat ini, Khofifah belum menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo, seperti yang dikonfirmasi oleh Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo, beberapa waktu yang lalu.
“Secara lisan Bu Khofifah itu sudah menyampaikan kepada Presiden dan itu sudah disampaikan oleh Presiden. Nah mengenai kapannya dia resmi secara surat begitu, memang sampai paling tidak pekan lalu belum ada surat resmi,” kata Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11).

NewsPolitikMensos KhofifahPilgub Jatim

500

Baca Lainnya