News
·
12 Oktober 2020 22:05

To The Point: Banjir Inovasi Teknologi Anak Negeri saat Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video
Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia secara tidak disadari mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Anak-anak bangsa pun tak ketinggalan mengembangkan inovasi teknologi sendiri untuk bantu memerangi virus corona.
ADVERTISEMENT
Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional (Kemenristek/BRIN) saat ini berkolaborasi dengan sejumlah pihak melalui Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19, untuk mengembangkan teknologi mandiri dalam membantu penanganan virus corona di Indonesia.
Beberapa inovasi yang telah dihasilkan ilmuwan dan peneliti dalam negeri seperti Non-PCR diagnostic test/Rapid Detection Test (RDT) COVID-19, Emergency Ventilator, Whole Genome Sequencing COVID-19, PCR Test Kit, penggunaan Artificial Intelligence (AI), Mobile Lab BSL-2, hingga aplikasi COVID Track.
To The Point: Banjir Inovasi Teknologi Anak Negeri saat Pandemi (102106)
To The Point kumparan bersama Menristek/Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. Foto: kumparan
Bicara soal inovasi teknologi dalam negeri, Indonesia juga memiliki visi rencana induk riset nasional 2017-2045, yakni dengan ingin menjadikan RI berdaya saing dan berdaulat, berbasis Iptek dengan salah satu tujuannya adalah memajukan perekonomian nasional berbasis Iptek.
Untuk periode 2020-2024 saja, terdapat 49 produk yang jadi prioritas riset nasional. Mulai dari bidang pangan, energi, kesehatan, transportasi, rekayasa keteknikan, pertahanan dan keamanan (hankam), maritim, sosial budaya seni budaya pendidikan, dan multidisiplin atau lintas sektor.
ADVERTISEMENT
Lantas, seberapa besar peluang dan kontribusi inovasi serta riset untuk melawan pandemi COVID-19? Selain kesehatan, bidang mana lagi yang akan dijadikan prioritas pemerintah untuk pengembangan inovasi teknologi dalam negeri?
To The Point: Banjir Inovasi Teknologi Anak Negeri saat Pandemi (102107)
To The Point kumparan bersama Menristek/Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. Foto: kumparan
kumparan akan membahasnya langsung bersama Menristek Bambang Brodjonegoro dalam program To The Point: Banjir Inovasi Teknologi Anak Negeri saat Pandemi, pada Selasa (13/10) pukul 14.00 WIB.
Untuk memudahkan Anda menyaksikan live streaming To The Point, kamu bisa menyimpan artikel dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalender Anda melalui Google Calendar atau iCal.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona