• 3

Hunting Foto kumparan Bersama Para TKI di Seoul

Hunting Foto kumparan Bersama Para TKI di Seoul


Peserta Workshop Fotografi

TKI peserta workshop fotografi (Foto: KBRI Korsel)
Pada 27 Agustus yang lalu, kumparan bersama dengan BNI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Korea Selatan sukses menggelar workshop dan lomba fotografi bagi para TKI di Korea Selatan. Acara pelatihan digelar lewat video conference dan dihadiri oleh lebih dari 50 orang anggota komunitas fotografi TKI.
Mereka berkumpul di KBRI di Seoul, sementara tim kumparan melakukan siaran video conference dari kantor kumparan di Jakarta. Pemberi pelatihan adalah fotografer senior kumparan Aditia Noviansyah.
Peserta workshop sangat antusias mendengarkan satu per satu penjelasan Ano –sapaan Aditia—meski hanya lewat video conference. Kepada para peserta, Ano menjelaskan menjadi seorang fotografer jurnalistik harus siap menghadapi risiko yang akan didapati selama peliputan. Namun semua risiko itu sepadan dengan karya yang dihasilkan.
Selain berbagi pengalamannya selama menjadi fotografer jurnalistik, Ano juga menjelaskan perbedaan pengambilan foto human interest dan street photography hingga cara untuk menghasilkan foto yang mengandung unsur jurnalistik yang menjadi pertanyaan para peserta.
Antusiasme itu akan berlanjut. Kali ini, kumparan akan terbang ke Korea Selatan untuk bertemu langsung dengan para peserta dengan nama acara 'kumparan Photofun Goes to Seoul'. Acara ini digelar atas kerja sama antara kumparan, BNI, dan KBRI di Seoul. Akan ada 20 fotografer terbaik yang akan ambil bagian dalam workshop ini dan berburu foto bersama Ano di Seoul.
Tim kumparan akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Incheon International Airport hari ini, Jumat (13/10) pukul 23.20. Apa saja kegiatan yang akan dilakukan oleh kumparan bersama dengan peserta fotografer di Seoul?

Workshop Fotografi untuk TKI di Korsel

Workshop fotografi untuk TKI di Korsel. (Foto: kumparan)
Hari pertama
Kegiatan hari pertama pada Sabtu (14/10), sesampainya di Incheon International Airport, kumparan akan langsung mengunjungi Pulau Nami alias Namiseom. Pulau Nami merupakan salah satu destinasi favorit turis mancanegara. Sebab pulau ini terkenal sebagai salah satu lokasi syuting K-Drama terkenal, yaitu Winter Sonata yang diperankan Bae Yongjun dan Choi Jiwoo pada tahun 2002. Selain terkenal sebagai lokasi syuting K-Drama, pulau ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah.
Setelah mengunjungi Pulau Nami, kumparan kemudian akan bersantap malam dengan KBRI di Seoul.
Hari kedua
Setelah sarapan bersama di hotel, kumparan menuju Bali Bistro yang menjadi meeting point dengan peserta workshop fotografi. Setelah dilakukan registrasi ulang, akan diadakan briefing singkat yang dipandu MC dan Ano. Setelah briefing, barulah sesi photo hunting di kawasan Hongdae dimulai.
Setelah hunting di Hongdae, peserta akan kembali ke Bali Bistro untuk makan siang dan melanjutkan sesi hunting di kantor BNI di Seoul. Setelahnya, akan dilakukan proses editing foto. Sesi yang tentunya paling ditunggu-tunggu yaitu pengumuman 3 foto terbaik. Ketiga peserta yang terpilih akan mendapatkan hadiah tabungan dari BNI.

Komunitas Fotografi TKI di Korsel

Komunitas Fotografi TKI di Korsel (Foto: Dok. Ary Sulist)
Hari ketiga
kumparan kembali menyambangi kantor BNI untuk bersilaturahmi dengan para petinggi dan staf. Setelah dari kantor BNI, kumparan akan menyambangi SM Entertainment. SM Entertainment merupakan agensi hiburan ternama yang telah melahirkan banyak grup-grup yang digemari oleh penggemar K-Pop di dunia, khususnya Indonesia, seperti TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), EXO, dan Red Velvet.
Setelahnya, kumparan akan mengunjungi berbagai tempat di sekitar Seoul, seperti Hongdae, Myeongdong, Dongdaemun, dan Namdemun.
Hari keempat
Annyeong, Seoul!
Penasaran dengan keseruan kumparan bersama TKI peserta workshop fotografi di Seoul? Simak story nya di kumparan, yah! Anda juga bisa memantau foto-foto para peserta lomba dalam topik Lomba Foto BNI.


NewsTKIFotografi TKI KoreaWorkshop TKI BNILomba Foto BNI

500

Baca Lainnya