• 6

USER STORY

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Bugar saat Kuliah

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Bugar saat Kuliah


com-Ilustrasi Mahasiswa

com-Ilustrasi Mahasiswa (Foto: Thinkstock)
Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan memulai hidup sehat tentunya dapat membawa sejuta manfaat. Tubuh akan terasa bugar dan semangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Lain halnya jika kita tidak memberi perhatian lebih terhadap kesehatan tubuh kita. Akan banyak permasalahan kesehatan yang timbul seperti kelebihan berat badan, gagal jantung, darah tinggi, dan yang lain-lain.
Nah, hal-hal tersebut patut diwaspadai oleh orang-orang yang memiliki rutinitas seperti kuliah, bekerja dan yang lain lain. Untuk menjaga kebugaran tubuh saat berkuliah mahasiswa President University lakukan 5 hal dibawah ini:
1. Perbanyak jalan kaki
Menurut sebuah studi para ilmuwan di Stanford University di Amerika Serikat, kebanyakan orang Indonesia berjalan hanya 3.513 langkah saja dari total langkah yang harus dicapai perhari yakni 10.000 langkah.
Hal ini membuat Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara paling malas jalan kaki sedunia. Dengan berjalan kaki setiap harinya, kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan menguatkan sistem imun tubuh.
Maka dari itu, sebagian dari mahasiswa President University memilih untuk berjalan kaki untuk pergi ke kampus ataupun untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket terdekat.
2. Konsumsi serat yang cukup
Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan serat dalam jumlah cukup dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena penyakit seperti kolesterol, diabetes tipe 2, serangan stroke, dan juga kanker usus besar.
Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat ditemukan di berbagai macam buah-buahan dan sayuran seperti pepaya, pisang, jagung, brokoli, dan yang lain-lain.
Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi makanan berserat biasanya mahasiswa President University membeli masakan dari warteg. Hemat dan praktis tentunya.
3. Konsumsi air mineral
Air mineral memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Karena saat melakukan kegiatan sehari-hari, tubuh manusia mengeluarkan cairan atau yang sering disebut dengan ion tubuh.
Kehilangan cairan tubuh atau dehidrasi dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Akibat yang paling fatal karena dehidrasi yaitu delirium atau tidak sadarkan diri. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan untuk minum minimal 8-10 gelas per hari.
4. Hindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak. Namun di balik itu ada banyak lemak jahat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.
Dengan mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah berlebih akan menyebabkan dampak bahaya seperti obesitas, kerusakan hati, tekanan darah tinggi, dan kerusakan sistem syaraf.
5. Tidur yang cukup
Siklus tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena pada umumnya tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk tidur agar seluruh organ tubuh seperti otak yang telah berkerja seharian dapat beristirahat.
Selain itu, kepentingan tidur 8 jam per hari juga membawa manfaat seperti menjaga berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan kulit, dan pastinya menurunkan kadar stres.

HealthTipsKesehatanMilenialMahasiswa

presentation
500

Baca Lainnya