Bola & Sports
·
3 Juli 2021 7:05

Saatnya Golden Generation Belgia Unjuk Gigi di Euro 2020

Konten ini diproduksi oleh Nara Sophiaan
Saatnya Golden Generation Belgia Unjuk Gigi di Euro 2020 (135606)
searchPerbesar
Romelu Lukaku dari Timnas Belgia di Euro 2020. Foto: Anton Vaganov/REUTERS
Di tahun 1990-an, tim nasional Belgia mungkin tak pernah diperhitungkan sebagai tim yang 'serius'. Sejarah masa lalu membuktikan Belgia selalu lemah di kancah Eropa. Mereka pun tak masuk group stage Euro 1988 di Jerman, Euro 1992 di Swedia, dan Euro 1996 di Inggris. Meskipun lolos ke pentas Euro 2000 di Portugal, rupanya Belgia tak sanggup menembus fase grup.
ADVERTISEMENT
Lain dulu, lain sekarang. Regenerasi pun terjadi dengan sangat sempurna. Kini, Belgia menjelma jadi sebuah tim yang komplit di seluruh lini. Bibit-bibit unggul Belgia sudah terlihat sejak Euro 2016 dihelat di Prancis. Dari lima pertandingan yang dilakoni, Belgia sanggup memenangkan tiga pertandingan dan kalah dua kali. Bahkan mereka berhasil masuk perempat final. Sayang, langkah Belgia terhenti oleh Wales yang lagi semangat-semangatnya.
Romelu Lukaku masih berusia 23 tahun saat itu. Kevin De Bruyne dan Thibaut Courtois baru 24 tahun. Sedangkan sang kapten Eden Hazard masuk usia 25 tahun. Ya, merekalah The Core of Belgium Golden Generation. Merekalah pemuda harapan bangsa yang prestasinya dinanti-nantikan oleh para penggemar sepak bola dunia. Coba tambah usia mereka masing-masing 5 tahun, yang artinya mereka sedang ada di puncak kariernya sebagai pesepak bola, ditambah dengan kepiawaian Youri Tielemans mengolah bola di lini tengah dan kelincahan Jeremy Doku menusuk dari sektor sayap. Tentu ceritanya bisa jadi sangat berbeda di Euro 2020 ini, kan?
Saatnya Golden Generation Belgia Unjuk Gigi di Euro 2020 (135607)
searchPerbesar
Kapten Timnas Belgia Eden Hazard. Foto: Pool via REUTERS/Kirill Kudryavtsev
Ya, sudah semestinya tim nasional yang bertabur bintang ini unjuk gigi di pentas Eropa. Sanggupkah Belgium Golden Generation menghentikan Timnas Italia yang lagi pede-pedenya? Jika iya, mampukah mereka melaju hingga jadi kampiun Euro 2020? Kalau saya sih, sangat percaya mereka bisa.
ADVERTISEMENT
This is your chance, Belgium. Maybe your last chance in a decade, karena regenerasi selanjutnya baru melahirkan Jeremy Doku saja sebagai satu-satunya bibit unggul.
Eits, jangan lupa sobat bolaku, biar kuat & semangat nonton Euro 2020, minum Kuku Bima, Roso!
- MMS, Juli 2021.
Saatnya Golden Generation Belgia Unjuk Gigi di Euro 2020 (135608)
searchPerbesar
Kuku Bima Ener-G C100. Roso!