Pencarian populer
USER STORY

Agroedutourism IPB Wisata Pertanian Masa Depan

Agroedutourism IPB

Sebagai kampus pertanian terbesar di Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB) berusaha mengenalkan dunia pertanian melalui agrowisata. Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan supaya masyarakat luas, terutama anak-anak dapat mengenal pertanian secara detail dan dapat merasakan suasana dunia pertanian tersebut.

“Dengan agroedutourism ini, kita memperkenalkan tentang pertanian, kehutanan, peternakan, dan tentunya perikanan. Intinya akan diperkenalkan tentang pertanian secara luas, mulai dari menanam, merawat, sampai panen,” tutur Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi, MS, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis, dan Kewirausahaan IPB dalam Workshop Agroedutourism, Senin (29/4) di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Prof. Erika menegaskan, wisata pertanian ini lebih diperuntukkan bagi anak-anak usia dini dan pelajar. Dengan peserta wisata yang berasal dari kalangan pelajar, maka wisatawan dapat belajar tentang pertanian secara menyeluruh. Nantinya wisatawan dapat merasakan secara langsung bagaimana cara menanam, merawat, panen, dan cara mengolah hasil panennya. Di sisi lain, wisata pendidikan pertanian nantinya akan memiliki nilai tambah seperti keindahan, meningkatkan fungsi produksi, serta konservasi lingkungan. Dari segi ekonomi, agroedutourism ini dapat meningkatkan income dengan menjual hasil-hasil olahan kepada wisatawan.

Selain untuk wisata, lanjut Prof. Erika, agroedutourism ini juga potensial sebagai tempat kunjungan resmi dari instansi yang sedang berkunjung ke IPB. Direktur Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan, Dr. Jaenal Effendi, S.Ag., M.A mengatakan pengembangan agroedutourism di IPB dilakukan berdasarkan kapasitas dan fasilitas dari masing-masing unit dan fakultas.

“Kita akan bersama-sama mengembangkan laboratorium-laboratorium baik laboratorium ruang maupun laboratorium lapang di masing-masing unit. Kita juga akan mengembangkan agroedutourism untuk mempromosikan masing-masing unit kepada masyarakat luas,” tutur Dr. Jaenal.

Dr. Jaenal menambahkan, ke depannya agroedutourism IPB berusaha go international dalam rangka memperkenalkan IPB melalui wisata pertanian pendidikan. (RA/ris)

Key word: agroedutourism, kampus pertanian, wisata pertanian

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63