kumparan
search-gray
News21 Mei 2020 10:06

Dekan FMIPA IPB Berikan Tips Atasi Hambatan Komunikasi dengan Dosen Pembimbing

Konten kiriman user
Dekan FMIPA IPB Berikan Tips Atasi Hambatan Komunikasi dengan Dosen Pembimbing (7378)
Dekan FMIPA IPB University Berikan Tips Mengatasi Hambatan Komunikasi dengan Dosen Pembimbing Tugas Akhir
Dekan FMIPA IPB University Berikan Tips Mengatasi Hambatan Komunikasi dengan Dosen Pembimbing Tugas Akhir
ADVERTISEMENT
Kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi untuk sementara dilaksanakan melalui daring (dalam jaringan) dari rumah guna menghindari penyebaran COVID-19. Sejumlah mahasiswa menghadapi tantangan yang tak mudah dalam menyusun tugas akhir saat pandemi virus corona. Tantangan yang dihadapi mulai dari komunikasi dengan dosen pembimbing yang tidak lancar hingga kesulitan dalam pengumpulan data.
Dr Sri Nurdiati, dosen IPB University dari Departemen Matematika yang juga Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengatakan bahwa keberhasilan seorang mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (TA), salah satunya ditentukan oleh intensitas dan kualitas komunikasi dengan dosen pembimbingnya. Ada kalanya seorang mahasiswa mengalami hambatan komunikasi dengan dosen pembimbing TA, sehingga menyebabkan motivasinya turun atau bahkan yang bersangkutan kehilangan semangat untuk menyelesaikan TA.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi hal tersebut, Dr Sri Nudiati berikan beberapa tips untuk mengatasi hambatan komunikasi dengan dosen pembimbing TA. Menurutnya mahasiswa harus berusaha secara rutin menyapa dosen pembimbing TA dengan bahasa yang santun, baik untuk minta masukan atas progres penelitian yang telah diperoleh, maupun hanya sekedar menyapa dengan niat silaturohim.
“Bila draft laporan TA yang diberikan ke dosen belum diperiksa untuk jangka waktu yang lama, jangan galau. Sambil menunggu draft tersebut dikembalikan, bisa melanjutkan untuk melakukan penelitian atau melanjutkan penulisan laporan TA sesuai kemampuan. Sambil menunggu draft laporan TA dikembalikan, bisa melakukan studi literatur dan membaca sebanyak-banyaknya penelitian yang terkait. Dari studi literatur dan bacaan tersebut, mudah-mudahan mendapat ide untuk mempercepat penyelesaian TA,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Bila diperlukan, Dr Sri juga menyarakan untuk berkonsultasi dengan cosupervisor atau dosen dalam riset grup yang sama untuk minta saran terkait langkah-langkah berikutnya yang perlu dikerjakan. Bila sudah sangat terpaksa, bisa menyampaikan masalah penyelesaian TA tersebut kepada Ketua Program Studi agar bisa dibantu untuk dimediasi dengan dosen pembimbing TA.
“Jangan berputus asa, perbanyak doa dan ibadah, karena bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Ingatlah, banyak orang yang sedang menunggu untuk segera lulus dan diwisuda. Sesungguhnya ujian yang sedang dihadapi belum seberat cobaan yang dihadapi oleh banyak orang lainnya. Khususnya mereka yang terdampak langsung akibat COVID-19. Jadi bersabarlah dan jangan lupa bersyukur, mudah-mudahan komunikasi dengan dosen pembimbing TA menjadi lancar kembali. Semoga tips ini dapat membantu dalam menyelesaikann tugas akhir dan komunikasi dengan dosen pembinging TA,” imbuhnya. (Awl/Zul)
ADVERTISEMENT
Keyword: dosen IPB, IPB University, Dr Sri Nurdiati, Departemen Matematika IPB, FMIPA IPB, Tips Mengatasi Hambatan Komunikasi dengan dosen pembimbing Tugas Akhir
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white