kumparan
12 Agu 2019 13:52 WIB

Departemen ARL IPB University Susun Kurikulum K2020

#Departemen ARL IPB University Susun Kurikulum K2020
Departemen Arsitektur Lanskap (Dept. ARL), Fakultas Pertanian IPB University berhasil dan sukses melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Kurikulum K2020 Program Studi Arsitektur Lanskap yang dihadiri stakeholder pengguna lulusan serta organisasi profesi yakni Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) dan Asosiasi Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (APALI), Rabu (24/7), di Kampus Dramaga.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini merupakan langkah nyata dari Dept. ARL IPB University dalam mengikutsertakan stakeholder terkait dalam penyusunan kurikulum. Tujuannya membangun kesamaan persepsi stakeholder tentang arah reorientasi kurikulum Program Studi Arsitektur Lanskap (PS ARL), serta yang paling penting adalah memperoleh masukan dari akademisi, pengguna lulusan dan organisasi profesi mengenai materi Kurikulum baik mata kuliah maupun praktikum di era Revolusi Industri 4.0.
Acara ini merupakan respon terhadap kebijakan Kemenristekdikti terkait dengan “Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi” agar inovasi pengembangan pembelajaran dapat tepat dan terukur guna mengantisipasi Revolusi Industri 4.0. Harapannya PS ARL IPB University dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif sesuai tuntutan pasar kerja yang juga berubah secara cepat. Oleh sebab itu PS ARL memerlukan masukan dari stakeholder pengguna lulusan dan organisasi profesi sehingga kompetensi dari para lulusan sesuai dengan kebutuhan aktual di lapangan.
ADVERTISEMENT
Dari hasil FGD diperoleh masukan mengenai kecakapan yang diharapkan stakeholder serta kekuatan dan kekurangan lulusan PS ARL. “Kekuatan lulusan ARL adalah pengetahuan tentang biodiversitas lanskap tropis (tanaman dan ekologi) yang mana sudah sejalan dengan visi dan misi departemen. Kekuatan lainnya adalah lulusan PS ARL unggul dalam membuat konsep desain arsitektur lanskap. Sementara kelemahannya yakni dalam hal kemampuan berkomunikasi masih perlu ditingkatkan,” kata Ketua Departemen ARL IPB University, Dr Ir Afra DN Makalew, MSc.
Pada sesi terakhir FGD, stakeholder juga memberi masukan mengenai kebutuhan kompetensi menurut standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), IFLA Charter (Internasional) dan 16 skills power agile learner terhadap kebutuhan kerja sesuai Kurikulum K2020 IPB). Hasil dari FGD menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan materi (content) maupun pengkayaan (enrichment) kurikulum K2020 Program Studi ARL. (GR/ris)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan