kumparan
16 November 2019 21:31

Departemen Biologi IPB University Ajari Siswa SMA Jaga Biodiversitas

Biologi Tanjug Pandan 1.jpg
Departemen Biologi IPB University Ajari Siswa SMA Jaga Biodiversitas
Dosen-dosen dari Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), IPB University lakukan sosialisasi pentingnya menjaga biodiversitas hayati di SMAN 1 Tanjungpandan, Belitung, Oktober lalu. Mereka adalah Dr Rika Raffiudin, Dr Berry Juliandi, Dr Triadiati, Dr Nisa Rachmania dan Dr Kanthi Arum Widayanti.
ADVERTISEMENT
Dalam paparannya Dr Rika memperkenalkan mengenai keragaman dan teknik budidaya lebah madu yang tidak bersengat. Dr. Berry Juliandi mengajarkan kajian morfometrik wajah manusia. Sementara itu Dr Triadiati mengajak siswa melakukan praktik untuk mengamati struktur mikroskopis tanaman dan serangga dengan menggunakan portable microscope.
“Antusiasme siswa semakin meningkat ketika mereka diajarkan untuk mengetahui pola wajah rata-rata di kelas melalui praktik langsung mengamati wajah rata-rata lima siswa di kelas. Ini yang dipelajari di kajian morfometrik wajah manusia,” ujar Dr Berry.
Selain ke SMAN 1 Tanjungpandan, mereka juga melakukan hal yang sama ke MA Muhammadiyah, Belitung Timur. Di MA Muhammadiyah, dosen yang melakukan sosialisasi adalah Dr Triadiati , Dr Nisa Rachmania dan Dr Kanthi Arum Widayati.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan ini mereka menjelaskan tentang Biopori dan BioBlitz (belajar biodiversitas di Lingkungan). Biopori merupakan teknologi sederhana untuk meningkatkan daya resap air pada tanah, sedangkan bioblitz adalah metode ekplorasi biodiversitas alam yang dapat dilakukan per bulan, per musim, maupun per waktu.
“Kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memperkenalkan biologi dan IPB University lebih dalam kepada para siswa dan siswi SMA,” tutur Ketua Departemen Biologi,” ujar Ketua Departemen Biologi, Dr Miftahudin. (**/Zul)
Keyword: Departemen Bologi, FMIPA, IPB University, Biodiversitas Hayati, Belitung, Belitung Timur
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan