Pencarian populer
USER STORY

Dept.Manajemen IPB Gelar Guest Lecturer Series Bahas Analisis Big Data

FEM IPB Mengundang Guest Lecturer

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (FEM IPB) mengadakan Guest Lecturer, Rabu (15/5), di Auditorium FMIPA IPB, Bogor. Dr. Wita Juwita Ermawati, Ketua Departemen Manajemen FEM IPB menyampaikan Guest Lecturer ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mendapatkan perspektif akademis sebagaimana didapat di ruang kelas, namun juga bisa mengetahui perspektif dari sisi praktisi.

Mengangkat topik “Big Data Analytics In Management Research”, Dr. Wita menyampaikan komitmennya dalam mendukung pemanfaatan big data analisis baik untuk penelitian mahasiswa maupun dosen. Menurutnya, hal ini sangat penting sebagai pengetahuan bagi civitas dalam menghadapi Era Industri 4.0.

“Bicara big data saat ini sangat relevan di Era Industri 4.0. Kalau tadi disampaikan pembicara, ternyata dengan memanfaatkan big data, kita bisa menyelesaikan banyak hal, termasuk dalam bidang-bidang yang ada di manajemen, seperti keuangan atau pemasaran misalnya,” ujar Dr. Wita

Dr. Imas Sukaesih Sitanggang, dosen Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB dalam pemaparannya mencontohkan penelitian manajemen yang pernah Dr. Imas lakukan yaitu penelitian mengenai Purchase Recommendation and Product Inventory Management. “Kami pernah menambang data ukuran besar dari transaksi belanja toko buku terkenal di Indonesia, kami terapkan advance data mining menggunakan Sequential Pattern Discovery. Penelitian ini tujuannya adalah untuk mengamati transaksi pembeli agar pedagang bisa menjaga stok produk,” ujar Dr. Imas.

Dr. Imas menyampaikan bahwa sekarang sudah banyak platform yang bisa digunakan dalam analisis big data. Menurutnya, siapa pun bisa dan tidak harus pintar pemprograman untuk bisa memanfaatkan big data, salah satunya bisa menggunakan big data analytics milik google. Big data pada dasarnya memang tidak bisa diolah dengan menggunakan teknik komputasi tradisional seperti SPSS atau Excel, sebagaimana data biasanya diolah.

Sementara saat ini, penggunaan platfom pengolahan big data yang beredar lebih banyak yang enterprise atau berbayar. Oleh karenanya, Puji Suharmanto, Business Development Manager Volantis Technology, menyatakan bahwa Volantis yang didirikannya adalah jawaban dari masalah tersebut. “Volantis hadir supaya orang-orang yang tidak mengerti coding, tetap bisa memproses big data mereka dengan machine learning studio yang sudah kita siapkan. Supaya orang yang awam dalam memproses big data semudah menggunakan kalkulator,” ucapnya. Tak hanya dihadiri mahasiswa, Guest Lecturer kali ini juga menghadirkan Wisnu Adryan, Marketing Lead Glints dan dihadiri oleh para dosen dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. (Rz/ris)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31