kumparan
search-gray
News21 Mei 2020 10:18

Dosen IPB University Berbicara pada Simposium Bisnis Sosial Internasional

Konten kiriman user
Suprehatin.jpeg
Dosen IPB University Berbicara pada Simposium Bisnis Sosial Internasional
Dr Suprehatin, Dosen IPB University dari Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) sekaligus Sekretaris Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB University berpartisipasi pada 2nd International Social Business Symposium online via Live Zoom Meeting, 14/5. Kegiatan symposium tersebut diselenggarakan oleh Yunus Social Business Centre (YSBC), La Trobe Business School, La Trobe University, Australia.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, krisis yang disebabkan pandemi COVID-19 menciptakan peluang bertumbuh dan berkembangnya bisnis sosial. Ia juga menyampaikan sebuah refleksi terkait pandemi COVId-19 yaitu ‘I’m just learning and feeling from my wife what it means to be a (new) social entrepreneur.
Selama COVID-19, usaha merek fashion Islami milik isterinya, Sauvia, melakukan pivot dengan memproduksi dan mendonasikan masker kepada masyarakat. Usaha tersebut bekerjasama dengan para pelanggannya dan UMKM. Hasil dari produksi dan donasi masker tersebut disalurkan kepada keluarga rentan terdampak COVID-19. “Selama krisis ini, banyak pembelajaran yang diperoleh seperti empati, solidaritas, optimis, tanggung jawab, kolaborasi,” ujarnya.
Menariknya, simposium ini dibuka dengan menyanyikan YSBC them song dan mendengarkan pesan dari peraih Nobel Peace Prize Laureate (2006) sekaligus Honorary Professor of La Trobe University dan Founder of Grameen Bank and Social Business, yaitu Professor Dr Muhammad Yunus. Pesan tersebut yaitu COVID-19 membuat kita kembali belajar terhadap kesalahan. Kita punya pilihan untuk kembali pada masa lalu atau memilih jalan baru ke menuju peradaban baru.
ADVERTISEMENT
Simposium yang mengambil tema ‘Social Business - Crisis Challenges and Responses’ ini diikuti oleh 170 peserta dari beragam negara seperti Australia, Indonesia, Bangladesh, dan Jerman. YSBC theme song yang merupakan karya dari alumni IPB University yang saat ini menjadi dosen di La Trobe University, Dr Marthin Nanere, bersama Professor Dr. Gillian Sullivan Mort, Director of YSBC and Symposium Chair. Lagu tersebut dapat dinikmati pada link (https://youtu.be/YykkJM0sJJM).
Keyword: dosen IPB, agribisnis, bisnis sosial, Muhammad Yunus, Grameen Bank
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white