Pencarian populer
USER STORY
3 April 2019 18:33 WIB
0
0

Himasper FPIK IPB Kolaborasi dengan LPPM IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) terkenal sebagai kampus biodiversitas. Kampus IPB Dramaga memiliki luas lahan hijau kurang lebih 250 hektar. Banyak daerah di dalam kampus yang menjadi habitat penting bagi flora dan fauna. Setiap daerah memiliki kekhasan tipe habitat masing-masing. Tipe habitat yang ada di antaranya seperti kawasan Arboretum Cikabayan, Arboretum Lansekap, tegakan aneka tumbuhan di sepanjang Sungai Cihideung dan Sungai Lansekap, Danau Layanan Sumberdaya Informasi (LSI), Situ Perikanan, dan lainnya.

Berbagai penelitian telah dilakukan oleh penggiat lingkungan untuk mendata kekayaan hayati yang terdapat dalam kampus IPB. Data yang diperoleh Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan (Himakova Fahutan) IPB mencatat, terdapat 173 spesies tumbuhan, 22 spesies mamalia, 88 spesies burung, 12 spesies amfibi, 38 spesies reptil, dan 75 spesies kupu-kupu. Keseluruhan biodiversitas yang diinvetarisasi merupakan keanekaragaman yang terdapat di daerah teresterial kampus IPB.

Habitat yang telah diinventarisasi umumnya berada di daerah daratan. Biodiversitas di lingkungan perairan dalam kampus IPB belum mendapat perhatian oleh para penggiat lingkungan. Salah satu habitat perairan yang populer dalam kampus IPB adalah Danau LSI.

Daerah perairan dalam kampus IPB yang populer dengan sebutan Danau LSI tersebut memiliki nama asli tersendiri. Daerah tersebut memiliki nama asli yaitu Situ Leutik. Penyebutan nama Danau LSI itu dikarenakan letak Situ Leutik yang berdekatan dengan Gedung LSI.

M. Sultan Al Riza Ritonga selaku Ketua Atlantik Himasper FPIK IPB menyatakan bahwa Situ Leutik adalah gabungan dari Situ Perikanan dan Situ LSI. Kedua situ ini terpisah setelah adanya pembangunan di IPB. Letak Situ LSI berada di bagian yang lebih tinggi daripada Situ Perikanan.

“Keanekaragaman hayati yang ada di Situ Leutik belum banyak diketahui oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar. Biodiversitas Danau LSI belum mendapatkan perhatian untuk diinventarisasi. Sehingga, kami menginisiasi kegiatan eksplorasi biodiversitas di Danau LSI, Kampus IPB Dramaga,” ujarnya saat melakukan eksplorasi di Kampus IPB Dramaga, Bogor (16-17/03).

Menurutnya, pengkajian biodiversitas atau keanekaragaman hayati di Situ Leutik belum pernah menghasilkan output yang optimal. Pendataan keseluruhan flora dan fauna di Situ Leutik juga belum tersedia dengan lengkap. Hal ini kemudian menyulut semangat Atlantik Himasper FPIK IPB untuk bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dalam upaya inventarisasi keanekaragam hayati di Situ Leutik.

“Kegiatan ini telah dilakukan sebanyak lima kali. Namun, parameter yang diambil saat ini lebih menyeluruh dan outputnya dapat dipublikasikan sebagai bahan acuan dalam pengelolaan kawasan perairan yang tepat dalam Kampus IPB Dramaga, khususnya. Parameter yang diamati merupakan hasil diskusi Atlantik Himasper IPB dengan pihak LPPM IPB. Parameter tersebut di antaranya kondisi morfometri, batimetri, pemetaan, identifikasi seluruh biota perairan, serta analisis kualitas air. Output lainnya berupa buku yang akan launching pada bulan Juni, tepatnya tanggal 5 Juni 2019 di Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” tambah Sultan.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ledy Matmira menuturkan bahwa pendataan dan dokumentasi merupakan hal terpenting dalam kegiatan ini. Tidak berhenti di situ, proses publikasi dari kegiatan ini yaitu berupa buku, merupakan bukti nyata yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan acuan pembelajaran kajian ilmiah di bidang perairan.

“Sebagai anak perairan, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk berkontribusi dalam kegiatan pengkajian biodiversitas khususnya dalam kampus sendiri,” tandasnya (AD/Zul).

Keyword: setu leutik, ekplorasi, flora dan fauna, hari lingkungan hidup, biodiversitas

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33