kumparan
12 November 2019 14:22

IPB University Kampanyekan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

20191030_135424.jpg
Unit Arsip IPB University menyelenggarakan Seminar dan Pameran Kearsipan “Manajemen Kearsipan Modern dalam Mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Era Revolusi Industri 4.0”. Kepala Unit Arsip IPB University, Drs B Mustafa, MLib mengemukakan tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) No.7 Tahun 2017 tentang GNSTA dan pencanangan Komitmen GNSTA di lingkungan fakultas dan departemen IPB University.
ADVERTISEMENT
“Dengan kegiatan ini diharapkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang pentingnya arsiparis meningkat. Karena arsip merupakan pusat ingatan setiap organisasi. Tata kelola arsip yang kurang baik akan mempengaruhi tingkat reputasi suatu organisasi,” ujar Mustafa, Sabtu (30/10), di Kampus IPB University.
Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan pencanangan komitmen GNSTA di lingkungan Kampus IPB University oleh seluruh kepala tata usaha fakultas dan departemen yang ada di IPB University. Isi komitmen itu berisi pelaksanaan pengelolaan arsip dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mewujudkan tertib arsip sebagai program prioritas pada unit kerja, melakukan pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan pengelolaan arsip, membangun kesadaran, kesamaan persepsi, komitmen serta keterlibatan seluruh pegawai pada unit kerja terhadap nilai guna dan manfaat arsip. Selain itu, taat mengikuti Pedoman Naskah Dinas dan Kearsipan berupa Tata Naskah Dinas (TND), Kode Klasifikasi Arsip (KKA), Jadwal Retensi Arsip (JRA), dan Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip (SKKAA) IPB University.
ADVERTISEMENT
“Masing-masing departemen di Kampus IPB University melaksanakan pemindahan arsip inaktif secara berkala ke Record Center fakultas dan melaksanakan pemusnahan arsip yang telah habis masa retensi sesuai peraturan perundang-undangan. Saya juga berharap mereka melaksanakan penyerahan arsip statis sesuai peraturan perundang-undangan dari fakultas ke Unit Arsip IPB University sebagai Lembaga Kearsipan IPB University,” ujar Mustafa.
Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, Mustafa juga berharap semakin bertambah sumberdaya manusia yang termotivasi untuk membangun Sadar Tertib Arsip di lingkungan kerjanya masing-masing. Hal ini dapat mendukung proses reformasi birokrasi menuju terciptanya tata kelola organisasi yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel dan transparan.(*/RA)
Keyword: arsiparis, Perpustakaan IPB University, GNSTA
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan