Konten dari Pengguna

Marsha, Mahasiswa Akuntansi SV IPB Raih Pengalaman Berharga Lewat MSIB

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
29 Mei 2024 8:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Marsha, Mahasiswa Akuntansi SV IPB Raih Pengalaman Berharga Lewat MSIB
zoom-in-whitePerbesar
Marsha, Mahasiswa Akuntansi SV IPB Raih Pengalaman Berharga Lewat MSIB
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Marsha Zahro Athirah, mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Sekolah Vokasi (SV) IPB University, kini tengah menimba ilmu dan pengalaman berharga sebagai Staff Accounting Intern di PT Honoris Industry.
ADVERTISEMENT
Kesempatan itu ia dapatkan melalui salah program flagship Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Pengalaman magang ini memberikan Marsha banyak pelajaran baru yang tidak didapatkannya selama perkuliahan, sekaligus memperkenalkan dirinya pada dunia kerja yang profesional dan dinamis.
Selama magang, Marsha berkesempatan berinteraksi dengan para profesional yang bekerja dengan cepat dan teliti. Ia merasa beruntung memiliki mentor yang sangat komunikatif, sehingga ia tidak merasa canggung untuk bertanya dan belajar lebih dalam. “Saya berusaha mengimbangi dan memperhatikan kinerja mereka, serta tidak ragu untuk bertanya jika ada hal yang belum saya pahami,” ujar Marsha.
Marsha juga diajarkan untuk memahami sistem Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan, yaitu AXAPTA. Sistem ini merupakan bagian penting dari pencatatan dan pelaporan perusahaan yang telah sepenuhnya menggunakan teknologi. “Memahami sistem AXAPTA memberikan saya wawasan baru tentang bagaimana teknologi dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan di bidang akuntansi,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Marsha belajar banyak tentang prosedur penagihan piutang, rekonsiliasi hutang piutang, pembuatan delivery order (DO), pembuatan invoice, dan pembuatan worksheet. Ia juga membantu staf accounting lainnya dalam perhitungan pajak dan merekonsiliasi dokumen bukti penerimaan negara atas pemberitahuan impor barang. Semua tugas ini membuat Marsha semakin terbiasa bekerja dalam tim dan lebih komunikatif dalam memecahkan permasalahan.
Dengan mengikuti program ini, Marsha berhasil mengembangkan kompetensi baru baik dalam hal hard skill maupun soft skill. Ia tidak hanya memperoleh pengetahuan praktis, tetapi juga mengasah keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk sukses dalam bidang akuntansi.
“Pengalaman magang ini meningkatkan pemahaman saya tentang aspek etika dalam bidang akuntansi. Saya diajarkan untuk bekerja dengan teliti, cermat, dan tepat,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Pengalaman magang di PT Honoris Industry melalui program MSIB memberikan Marsha kesempatan untuk mengembangkan diri dan meraih banyak pelajaran berharga. Dengan semangat belajar dan kerja keras, Marsha membuktikan bahwa program magang dapat menjadi jembatan yang efektif antara dunia akademik dan dunia kerja. “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti program ini, karena selain meningkatkan kompetensi saya, program ini juga memperkaya pengalaman dan pengetahuan saya dalam bidang akuntansi,” pungkas Marsha. (AKS/ASW).