kumparan
31 Oktober 2019 21:30

Perkaya Pengelolaan Bisnis, Universitas Udayana Kunjungi IPB

edit IMG_5114.jpg
Perkaya Pengetahuan Pengelolaan Bisnis, Universitas Udayana Kunjungi IPB University
Sebanyak 16 peserta rombongan Universitas Udayana (Unud), Bali menyambangi IPB University dalam rangka pengembangan bisnis dan kewirausahaan, Senin (28/10). Secara simbolis rombongan dari Unud disambut oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof Dr Erika Budiarti Laconi, MS dan Direktur Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan IPB University Dr rer nat Jaenal Effendi, MA di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion, IPB University.
ADVERTISEMENT
“IPB University melakukan pengelolaan riset, inovasi, dan hilirisasi dengan terorganisir dan terpola, maka dari itu saatnya kami belajar ke IPB University,” ungkap Prof Dr Ida Bagus Wyasa Putra, SH, Mhum, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana.
Ida mengaku, di Unud sebenarnya sudah ada lembaga penelitian, pusat inovasi dan pusat unggulan, oleh karena itu, kunjungan kali ini dimaksudkan untuk belajar mengenai mekanisme manajerial organisasi inovasi dan bisnis IPB University.
Menanggapi hal tersebut, Prof Erika menjelaskan bahwa kunci keberhasilan IPB University dalam mengelola bisnis adalah dengan menghargai karya inovasi dari dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
“Ini penting karena mereka adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Selain itu aset di IPB University meliputi kepakaran, teknologi, reputasi, jejaring, dan sumber daya lahan. Aset tersebut tentunya sudah memiliki regulasi dan pedoman baku,” papar Prof Erika.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut kunci keberhasilan IPB University dalam mengelola inovasi yang lain, menurut Guru Besar di Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pangan ini bahwa di IPB University disediakan satu kelembagaan yang secara khusus mencatat dan melindungi hasil riset yang telah dibuat.
“Di IPB University ada satu direktorat yang mempunyai wewenang untuk melakukan pencatatan dan perlindungan terhadap hasil riset di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Selain itu di IPB University juga ada keputusan Satuan Usaha Akademik (SUA) dan Satuan Usaha Penunjang (SUP) maupun standar tarif penggunaan bangunan atau lahan untuk bisnis,” tambah Prof Erika.
Pada kesempatan kali ini, rombongan dari Unud diajak untuk berkunjung ke beberapa tempat bisnis IPB University seperti Botani Bakery, Agribusiness dan Technology Park, dan diakhiri di Botani Mart. (AUN/RA)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan