Pencarian populer
USER STORY

Uji Kreatifitas Mahasiswa di Development Communication Festival

development communication festival

Saat ini, Indonesia dihadapkan dengan era digital yang mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi. Namun, apabila perkembangan era digital tidak diimbangi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, informasi yang diperoleh sulit dipergunakan dengan baik pula. Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan skill berkomunikasi dengan cara menuangkan ide kreativitas secara langsung.

Seperti yang diterapkan oleh Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM), Institut Pertanian Bogor(IPB) yakni dengan menggelar Development Communication Festival. Acara tersebut berlangsung di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor (4/5). Acara yang berkonsep festival tersebut mengusung tema “Digitalization of Ruralpreneurship” yang bertujuan untuk mengasah kreativitas dan aplikasi teori mahasiswa Departemen SKPM yang telah mereka dapatkan. Seperti Dasar-dasar Komunikasi (Daskom), Komunikasi Bisnis (Kombis), Komunikasi Massa (Komas), dan Media Siaran (Medis). Acara ini juga dihadiri oleh Rektor IPB yakni Dr. Arif Satria, Ketua Departemen SKPM, Dr.Ir Arya Hadi Dharmawan dan para dosen.

“Festival ini melibatkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Daskom dengan menampilkan pertunjukan atau teater, mata kuliah Kombis dengan mendirikan stand produk khas mahasiswa IPB, mata kuliah Komas dengan membuat newsletter, dan mata kuliah Medis dengan membuat iklan layanan masyarakat yang berkaitan dengan tema acara,” ujar Ketua Panitia, Asri Sulistiawati, S.KPm, M.Si.

Menurut Dr. Arya Hadi, acara ini sejalan dengan arah kurikulum SKPM yang sebentar lagi menuju kurikulum 2020. Kurikulum 2020 mengutamakan komunikasi digital, oleh karena itu mahasiswa SKPM harus memiliki kompetensi yang baik melalui mata kuliah komunikasi yang ada.

Senada dengan Dr. Arya, Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan bahwa acara seperti ini penting untuk era baru yang dihadapi anak muda dengan bekal di bidang komunikasi.

“Dengan adanya acara ini, mahasiswa dapat memiliki 3C untuk era baru. 3C ini adalah communication skill yang penting untuk era baru, collaboration skill yang menjadi aspek utama juga untuk perkembangan jaman, dan creativity,” tambah Dr. Arif Satria. (NIN/Zul)

Keyword: komunikasi, communication skill, collaboration skill, creativity

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57