Pencarian populer
USER STORY
13 Maret 2019 19:23 WIB
0
0

Unit Arsip Latih Staf Student Service Centre IPB tentang Kearsiapan

Pakar Arsip IPB Ir Setyo Edy Susanto, S.Th.I, M.Pd.

Unit Arsip Institut Pertanian Bogor (IPB) melatih Staf Student Service Center (SSC) untuk mengelola arsip aktif sesuai standar peraturan perundangan, Sabtu (9/3) di Bogor. Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I.,M.Pd, Kepala Sub Bagian Layanan Arsip dan Pembinaan Kearsipan pada Unit Arsip IPB memaparkan pentingnya arsip. “Kaidah pengelolaan arsip itu meliputi tertib, rapi, mudah ditemukan, aman, autentik, utuh, dan terpercaya. Selain itu mudah diolah dan disajikan dalam bentuk informasi. Lama waktu simpan arsip sesuai retensinya. Retensi arsip adalah masa simpan minimal dari setiap jenis arsip yang telah diatur melalui Peraturan Rektor IPB nomor 13/IT3/TU/2017 tentang Jadwal Retensi Arsip di lingkungan IPB. Disimpan sesuai dengan jenis, berkas, dan klasifikasinya. Arsip mudah disusutkan sehingga mengalir dan menyisakan arsip statis sekitar 5-10 persen dari arsip aktif. Arsip statis ini disimpan di Unit Arsip dan memiliki nilai sejarah yang sewaktu-waktu dibutuhkan,” jelas Edy.

Arsip aktif yang masa retensinya habis harus dimusnahkan. Proses pemusnahan mengikuti aturan perundangan yang berlaku. “Bila kita melakukan pemusnahan arsip tanpa mengikuti prosedur peraturan yang berlaku bisa dikenai sanksi hukuman penjara maksimal lima-sepuluh tahun,” lanjut Arsiparis Teladan Peringkat Satu Tingkat Nasional tahun 2017 ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bagian Humas Biro Komunikasi IPB, Siti Nuryati, STP, M.Si mengatakan bimbingan teknis kearsipan penting khususnya untuk Student Service Center IPB yang di dalamnya bersinggungan dengan dokumen arsip layanan akademik dan kemahasiswaan. “Bimbingan dan konsultasi teknis kearsipan dari Unit Arsip IPB memberikan pemahaman baru bagi kami bahwa pengelolaan arsip itu penting dan mempunyai banyak manfaat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kasubbag Hubungan Internal dan Layanan Informasi, Bagian Humas, Biro Komunikasi IPB, Aris Solikhah, STP, MM. “Dengan memahami pengelolaan arsip, kita bisa memilah arsip aktif dan arsip statis sehingga tidak terjadi penumpukan berkas di unit pengelola. Setiap arsip mempunyai perlakuan berbeda sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Aris. (ris)

Kata kunci : arsip statis, aktif, retensi, unit arsip.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23