• 1

Mengenal Tokoh Mode Dunia Franca Sozzani

Mengenal Tokoh Mode Dunia Franca Sozzani



Editor Vogue Italia

Franca Sozzani (Foto: Peter Lindbergh/Vogue)
Franca Sozzani. Nama wanita kelahiran Manuta, Italia, 20 Januari 1950 ini tidaklah asing di antara penggelut dunia mode. Franca mengawali karier di majalah Vogue Bambini pada 1976 dan hijrah pada tahun 1988 untuk bergabung bersama Vogue versi Italia. Wanita yang menikah di usia 20 tahun ini kemudian ditunjuk sebagai pemimpin redaksi 'kitab suci' dunia fashion tersebut pada 1994.
Dalam perjalanan kariernya, ibu dari Francesco Carrozzini ini sangat dicintai oleh para desainer juga jurnalis dan fotografer mode. Ia dianggap sebagai salah satu editor yang punya kharisma karena terobosannya yang tak ragu mengangkat anak muda berbakat di dunia fashion.
Sepanjang 28 tahun berpetualang di dunia mode, Franca juga disebut sebagai tokoh yang berani memaparkan isu kontroversial. Mulai dari isu bedah plastik (Makeover) hingga edisi khusus Vogue yang mengungkap kecantikan wanita Afrika (The Black Issue). Pada 2011, Franca meluncurkan Vogue Curvy, sebuah majalah yang memberikan berbagai tips dan artikel menarik bagi mereka yang memiliki ukuran tubuh ekstra.
Sejalan dengan kiprahnya di majalah Vogue, Franca juga bekerja sebagai duta fashion untuk PBB. Seperti yang dikutip dari Telegraph, Franca sangat peduli dan menunjukkan dukungannya kepada mereka yang bekerja di industri fashion, khususnya di Afrika dan Asia.
"Franca menjadi tokoh terkemuka dan jadi buah bibir dunia atas kepeduliannya pada industri fashion yang berkelanjutan juga memperhatikan para desainer baru yang hadir dalam Milan Fashion Week," tulis Telegraph.
Atas kecintaaan dan loyalitasnya pada dunia fashion, berbagai penghargaan pun sukses diraih wanita berusia 66 tahun ini. Penghargaan terakhir yang ia terima diberikan dalam acara BFC's Fashion Awards pada 17 November 2016. Franca menerima penghargaan tertinggi, Swarovski Award, dan didaulat sebagai tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam memberikan perubahan positif.
"Franca adalah wanita yang luar biasa dan penghargaan ini adalah perayaan yang sempurna atas komitmennya dalam memberikan perubahan positif, baik didalam maupun di luar industri fashion," tulis fashionawards.com.
Tentu kepergian Franca ini menjadi kesedihan mendalam bagi industri fashion dunia.

NewsFranca SozzaniFashionVogue

500

Baca Lainnya