kumparan
9 Jul 2019 10:19 WIB

Sasar Milenial, Mangga Dua Square Hadirkan Baju Branded Murah

(dok. Mangga Dua Square Jakarta)
Gaya hidup generasi milenial tak terlepas dari dunia fashion. Mereka lebih banyak menghabiskan uang untuk kebutuhan makan di luar rumah. Dikutip dari WeForum.org, sebanyak 23,8 persen pengeluaran milenial dialokasikan untuk makan di restoran.
ADVERTISEMENT
Uniknya, justru kebiasaan untuk makan di luar rumah itulah yang kemudian mempengaruhi mereka dalam berpakaian dan memiliki selera fashion. Sebagai generasi yang memiliki gaya hidup yang aktif, mereka berpikir untuk menyesuaikan gaya yang sedang populer.
Alhasil, kebutuhan akan fashion pun tak terhindarkan. Menurut laporan Bank of America Merrill Lynch, 18,5% pengeluaran mereka dialokasikan untuk pakaian dan hobi, lebih tinggi ketimbang alokasi generasi X yang hanya mengeluarkan 16,8%. Hal ini menjadikan fashion sebagai kebutuhan ketiga terbesar bagi generasi milenial setelah makan di restoran dan bahan makanan.
Besarnya pasar milenial menjadi perhatian bagi para pelaku industri fashion. Tak terkecuali dengan Mangga Dua Square Jakarta. Dengan mengusung motto "makin keren makin milenial", mal yang terletak di Jakarta Utara itu kini telah menjadi pusat Factory Outlet Jakarta yang menyediakan beragam pakaian yang lengkap, berkualitas dan tentu saja murah. Hal itu ditandai dengan hadirnya 8 Factory Outlet di sana seperti Amira Factory Outlet, DSE, Premier FO, RAJA FO, Publicity, Chois FO, Fifth Avenue, dan Super Bazaar.
ADVERTISEMENT
General Manager Mangga Dua Square Rudy Santoso mengemukakan bahwa walaupun belanja online menjadi daya tarik tersendiri bagi millenial, hal itu tidak menyurutkan upaya pengelola untuk tetap komit di pasar fashion ala factory outlet.

Dari Koleksi Athleisure Hingga Korean Style, Konsep YOLO di Factory Outlet Mangga Dua Square

Manillenials, sebuah situs berita daring khusus pembaca generasi milenial asal Metro Manila, Filipina menyatakan bahwa milenial itu berprinsip YOLO alias You Only Live Once dalam memandang fesyen. Mereka hanya ingin mengenakan pakaian yang mereka ingin pakai, yang penting mereka senang dan nyaman saat mengenakannya.
Prinsip YOLO ini didukung oleh pernyataan Mia Taylor, seorang beauty enthusiast asal Australia. Ia berpendapat bahwa pada dasarnya generasi milenial itu kurang paham tentang definisi gaya mereka sendiri. Namun ini bukan hal buruk karena generasi milenial punya gaya yang tersendiri dalam berpakaian. Maka dari itu mereka senang melakukan eksperimen dengan berbagai tren berbeda dan menggabungkannya tanpa batas.
(dok. Mangga Dua Square Jakarta)
Karakter milenial yang sedemikian rupa membuat Factory Outlet Mangga Dua Square berusaha memenuhi prinsip YOLO dengan menghadirkan baju branded murah dengan beragam gaya. Dari athleisure, vintage, retro, workplace chic, minimalis, koleksi musim dingin dan bahkan hingga Korean Style, semuanya tersedia. Konsep YOLO dilakukan karena Mangga Dua Square ingin memberikan pengalaman terbaik bagi generasi milenial dalam mengenakan pakaian yang mereka ingin pakai.
ADVERTISEMENT
Menariknya, setiap Factory Outlet menawarkan berbagai pilihan pakaian berbeda. Misalnya, bagi yang ingin mencari koleksi pakaian musim dingin, pengunjung dapat mendatangi Premier FO dan DSE. Bagi penyuka Korean Style, Super Bazaar dan Publicity adalah jawabannya. Namun jika ingin membeli jaket, maka Amira Factory Outlet jawabannya.

Banjir Promo

Meski milenial menghabiskan sebagian uangnya untuk pakaian, tak bisa dipungkiri bahwa milenial senang dengan pakaian yang dibanderol dengan harga promo. Maka dari itu banyak para pelaku industru fashion berlomba-lomba memberikan penawaran harga menarik, termasuk yang dilakukan oleh pengelola Mangga Dua Square. Pusat Factory Outlet Jakarta tersebut banjir promo sepanjang waktu.
Untuk urusan dompet, harga di Factory Outlet terbilang bersahabat. Hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu, pengunjung sudah dapat membawa pulang baju branded murah. Namun berkat promo, kocek yang dikeluarkan tentu akan jauh lebih hemat.
ADVERTISEMENT
Selain kerap memberikan diskon spesial hingga 70 persen, Factory Outlet Mangga Dua Square juga memberikan promo berupa koleksi fashion branded edisi terbatas. Promo lainnya adalah promo beli 2 gratis 1, free membership, layanan barang dikembalikan jika menemukan ketidaksesuaian dan bahkan pengelola Mangga Dua Square suka memberikan kejutan voucher belanja kepada pengunjung secara acak.
Putri, salah satu pengunjung Mangga Dua Square mengaku senang bisa berbelanja di Factory Outlet Mangga Dua Square.
“Saya baru pertama kali ke Mangga Dua Square karena denger dari temen kalo FO di sini banyak ngejual outfit branded yang murah,” ujar Putri yang mengaku berprofesi sebagai influencer butuh pendukung penampilan yang selalu fresh, tidak ketinggalan jaman.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga disampaikan oleh Dewangga, salah seorang karyawan di Jakarta Selatan. Ia yang baru pertama kali belanja di FO Mangga Dua Square karena tak sengaja mengantar temennya yang sedang mencari komputer, melihat selintas info sale 50 persen belanja di FO pada baliho yang terpampang di badan gedung Mangga Dua Square
“Hehe lumayan diskonnya. Maklum karyawan gaji ngepas pengin gaya,” selorohnya sambil memamerkan kaos bertuliskan Supreme berharga tidak lebih dari 200 ribu.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan