• 1

Ahok Disidang di Ruang Sidang Soeharto

Ahok Disidang di Ruang Sidang Soeharto



Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Kementerian Pertanian RI yang menjadi lokasi sidang Ahok (Foto: Ochi Amanaturrosyidah/kumparan)
Sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Sebelumnya ruang sidang ini pernah digunakan untuk menyidangkan beberapa kasus besar.
"Sama dengan sidang Soeharto dan Abu Bakar Ba'asyir. Memang ada beberapa sidang yang pernah dilakukan di sana," ucap Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat dihubungi kumparan, Jumat (23/12).
Enam belas tahun yang lalu, berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 842/Pen.Pid/2000/PN Jkt Sel. tanggal 21 Agustus 2000, tempat persidangan Soeharto dipindah ke Kementerian Pertanian dari Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Berbeda dengan Soeharto, pada tahun 2011, Abu Bakar Ba'asyir, seorang ulama besar, diadili karena terlibat jaringan terorisme.
Menurut Ridwan Mansyur, pemindahan dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Kapasitasnya yang bisa menampung pengunjung lebih banyak menjadi salah satu alasan. Lokasinya yang jauh dari kawasan bisnis dan Istana Negara menjadi pertimbangan keamanan. Jalan menuju ke Kementerian Pertanian yang relatif sepi diharapkan bisa mengantisipasi masalah kemacetan dengan banyaknya massa yang akan datang.
"Tapi jika ada perpindahan lagi itu tergantung kondisi dan permintaan dari ketua pengadilan atas permohonan kejaksaan dan Polri," katanya.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Kementerian Pertanian RI yang menjadi lokasi sidang Ahok (Foto: Ochi Amanaturrosyidah/kumparan)


HukumNewsSidang AhokAhok

500

Baca Lainnya