• 0

Detik-detik Menegangkan Sebelum Dubes Rusia untuk Turki Ditembak Mati

Detik-detik Menegangkan Sebelum Dubes Rusia untuk Turki Ditembak Mati


Dubes Rusia untuk Turki, Andrey Karlov tewas setelah ditembak oleh pria tak dikenal di galeri seni di Ankara, Turki. Pelaku sempat berteriak 'jangan lupakan Aleppo, jangan lupakan Suriah' sebelum melancarkan serangan.
Dikutip dari Reuters, Selasa (19/12), teriakan tersebut terdengar dalam sebuah video amatir yang sempat terekam oleh salah satu saksi mata. Saksi lain yang enggan disebut namanya mengaku melihat jelas detik-detik sebelum penembakan tersebut terjadi. Menurutnya, pelaku berdiri di belakang Dubes Karlov selama ia berpidato di pameran seni.
"Dia mengambil senjata dan menembakkannya ke arah Dubes dari belakang. Kami melihat bagaimana dia berbaring di lantai dan kemudian kami melarikan diri," ujar saksi yang kala itu mengaku berada di belakang layar.

Gestur Seorang Pria Setelah Menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov

Gestur Seorang Pria setelah menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov di sebuah galeri seni di Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)
Kameramen Reuters yang berada di lokasi kejadian, sempat melihat percikan api beberapa saat setelah penembakan. Pria bersenjata itu masih berteriak dengan tangan kanan memegang pistol dan tangan kirinya menunjuk ke udara.
Foto lain menunjukkan, 4 orang yang salah satu di antaranya tampak seperti Karlov, tergeletak di lantai.

Dubes Rusia untuk Turki Tergeletak Seusai Ditembak oleh Seorang Pria Bersenjata

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov (kanan bawah) tergeletak seusai ditembak oleh seorang pria bersenjata (kiri) di sebuah galeri seni di kota Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)
Ketegangan antara Rusia dan Turki meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Turki menjadi penentang Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Rusia justru mengerahkan tentara dan angkatan udara untuk mendukung pemimpin Suriah. Pasukan Suriah yang didukung Rusia berusaha menguasai bagian timur kota Aleppo sehingga memicu aliran pengungsi.
Belum benar-benar jelas siapa yang melakukan serangan itu. Militan ISIS telah aktif di Turki dan melakukan beberapa serangan bom terhadap sasaran Turki selama setahun terakhir.

Dubes Rusia Untuk Turki Andrey Karlov Bersama Vladimir Putin

Dubes Rusia untuk Turki Andrey Karlov bersama Vladimir Putin menuruni tangga pesawat di bandara Istanbul, Turki. (Foto: Osman Orsal/Reuters)



Breaking NewsNewsRusiaAleppo

500

Baca Lainnya