• 0

Penembak Dubes Rusia untuk Turki Diduga Polisi dan Dinyatakan Tewas

Penembak Dubes Rusia untuk Turki Diduga Polisi dan Dinyatakan Tewas


Walikota Ankara menyebut pelaku penembakan Dubes Rusia untuk Turki, Andrei Karlov adalah seorang polisi. Namun tidak disebutkan identitas pria yang mengenakan setelan jas hitam rapi tersebut.
Reuters melansir, Selasa (20/12), menurut pengakuan pihak keamanan setempat, polisi itu tidak sedang bertugas. Dia disebut tewas setelah terlibat baku tembak dengan polisi yang resmi bertugas saat itu.

Gestur Seorang Pria Setelah Menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov

Gestur Seorang Pria setelah menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov di sebuah galeri seni di Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)
Jubir Menlu Rusia, Maria Zakharova, menyebut aksi ini sebagai tindakan terorisme. "Terorisme tak akan menang dan kami akan melawannya dengan tegas," ujarnya.
Belum jelas apakah pria bersenjata itu adalah pelaku tunggal atau berafiliasi dengan kelompok teror seperti ISIS. Pelaku mungkin terdorong rasa tidak puas atas sikap Rusia yang mendukung pemerintah Suriah. Namun dugaan lain muncul bahwa aksi pelaku merupakan rangkaian dari serangan bom di Turki pada tahun lalu.
Terlepas apapun motif pelaku, kejadian tersebut menimbulkan kekhawatiran warga tentang kekuatan polisi yang saat ini sedang dibersihkan setelah kudeta Juli gagal.

Dubes Rusia untuk Turki Tergeletak Seusai Ditembak oleh Seorang Pria Bersenjata

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov (kanan bawah) tergeletak seusai ditembak oleh seorang pria bersenjata (kiri) di sebuah galeri seni di kota Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)

Pengunjung Galeri Seni Berlindung Saat Seorang Pria Melakukan Penembakan Terhadap Dubes Rusia

Pengunjung Galeri Seni Berlindung Saat Seorang Pria Melakukan Penembakan Terhadap Dubes Rusia (Foto: Burhan Ozbilici/AP)



NewsRusiaAleppo

500

Baca Lainnya