• 1

Teroris di Deli Serdang Pernah Fasilitasi Warga Uighur Masuk RI

Teroris di Deli Serdang Pernah Fasilitasi Warga Uighur Masuk RI



Martinus Sitompul

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul (Foto: Kumparan)

Syafii, terduga teroris yang ditangkap di Deli Serdang, Sumatera Utara memiliki peran penting di jaringan Katibah Gonggong Rebus (KGR). Syafii bertugas calon anggota baru di kelompok pimpinan Gigih Rahmat Dewa (GRD) ini.
Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul menjelaskan, Syafii bersama anggota KGR lainnya pernah memfasilitasi 2 WN China etnis Uighur untuk masuk ke Indonesia. WN China yang dimaksud yakni Ali, Faris Kusuma, Nu Mehmet, Abdullah Cuma, Doni Sanjaya, Muhammad dan Halide Tuerxun. Mereka adalah bagian dari jaringan East Turkestan Islamic Movement.
Syafii ditangkap oleh Densus 88 siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB di rumah milik Herman Lubis yang berlokasi di Jalan Deli Tua, Dusun 3 Aji Baho, kecamatan Sibiru-biru, Deli Serdang, Sumatera Utara.
"Yang bersangkutan tidak melakukan perlawanan," kata Martinus di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (21/12).
Dia pernah mengikuti baiat ISIS bersama anggota KGR lainnya pada bulan Agustus 2016 lalu. Saat ini Syafii mengelola Rafiqa Travel milik Bahrun Naim dan istrinya, Rafiqa Hanum.

NewsTerorismeSerangan Teroris

500

Baca Lainnya