Salah Jurusan Bukanlah Akhir dari Segalanya

Mahasiswi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
1 Oktober 2021 16:05
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Nur Afifah Auliya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Salah Jurusan Bukanlah Akhir dari Segalanya (23865)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi kuliah. cr.pixabay
ADVERTISEMENT
Pernahkah kalian berpikir “apakah jurusanku adalah pilihan yang tepat?” Atau kalian pernah merasa jurusan yang kalian lalui tidak sesuai dengan ekspektasi kalian sebelumnya? Jika jawabannya adalah iya, maka tenang saja kalian tidak sendiri kok. Di saat kalian merasa bahwa kalian telah salah dalam memilih jurusan, merasa gagal, ingatlah bahwa semua yang terjadi pasti ada sebab dan akibatnya. Jika kalian berpikir bahwa salah jurusan membuat kalian gagal menjadi orang yang sukses, maka kalian salah besar. Kesuksesan itu bukan karena jurusan, kesuksesan dapat kita raih apabila kita tahu apa bakat dan talenta yang kita miliki dan kita dapat memaksimalkan kemampuan kita tersebut.
ADVERTISEMENT
Sejujurnya, aku adalah salah satu orang yang sempat berpikir bahwa aku ini salah jurusan. Saat itu aku merasa bahwa ini bukan aku banget, kok sepertinya sulit ya untuk melanjutkannya apalagi jurusan yang aku ambil juga bukan keinginan aku sendiri. Hingga akhirnya terlintas di pikiranku untuk pindah jurusan dengan harapan ketika aku berada di jurusan yang aku inginkan aku akan lebih rajin, semangat dan menjalani dunia perkuliahan dengan sepenuh hati. Namun, aku berpikir lagi setelah memutuskan untuk pindah jurusan seberapa bisa dipertanggungjawabkan kah keputusan tersebut? jangan sampai ketika pindah jurusan aku justru merasa tidak nyaman lagi, merasa bukan passion ku lagi, dan merasa tidak tepat lagi. Aku terus memikirkannya, mencari tahu lagi apa sih yang membuatku merasa tidak nyaman di jurusan tersebut sehingga merasa bahwa aku ini salah jurusan? Apakah karena jurusan yang tidak sesuai dengan ekspektasiku, atau mungkin karena lingkungan dan teman-temannya? Aku merasa harus memikirkan itu dengan baik jangan sampai aku salah persepsi hingga nantinya akan membuatku menyesal lagi karena salah mengambil keputusan untuk yang kedua kalinya.
ADVERTISEMENT
Setelah memikirkannya secara matang, aku pun memutuskan untuk terus melanjutkan apa yang sudah aku mulai, aku merasa harus bertanggung jawab atas keputusan yang ku ambil diawal. Karena di setiap pilihan pasti ada konsekuensi dan juga tanggung jawab yang harus aku selesaikan. Aku tersadar bahwa salah jurusan bukanlah akhir dari segalanya, dan aku pun teringat perkataan seorang Motivator yang selalu menginspirasiku dengan berbagai kata-kata motivasinya yang penuh dengan makna yaitu Merry Riana, dia mengatakan bahwa salah jurusan bukan berarti salah masa depan. Sejak saat itu, setelah mengambil keputusan untuk melanjutkan kuliah aku pun mengubah perspektif dan juga cara pandangku terhadap jurusan yang aku ambil dengan cara menghilangkan pikiran-pikiran negatif menjadi pikiran positif yang bisa menjadi salah satu alasanku untuk bertahan. Tidak terbayang olehku apabila saat itu aku langsung memutuskan untuk berpindah jurusan tanpa berpikir panjang dan ternyata masih merasakan hal yang sama, aku akan kehilangan banyak hal seperti biaya, waktu, tenaga dan lain-lainnya.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kalian yang masih berada di kelas 12 dan masih merasa bingung dalam menentukan jurusan cobalah untuk pikirkan secara matang, take as much time as you want jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebaiknya, sebelum memulai untuk memilih jurusan kalian harus memetakan diri seperti apa bakat, minat dan cita-cita kalian agar kalian bisa lebih mudah dalam memilih jurusan yang tepat dan sesuai minat kalian. Tetapi, kalian juga harus memahami bahwa semua jurusan itu pasti akan ada tantangannya masing-masing, maka dari itu cobalah untuk memilih jurusan yang sekiranya kalian akan tetap mau untuk menjalaninya walaupun nanti terasa sulit. Selanjutnya adalah memperbanyak search atau mencari tahu informasi seputar kampus dan jurusan nya, apa saja yang akan kalian hadapi nantinya, apa saja konsekuensinya, modul yang dipelajari seperti apa, dan jangan memilih jurusan hanya berdasarkan prospek kerja tetapi juga berdasarkan skill apa yang ingin kalian pelajari saat menuntut pelajaran di Perguruan Tinggi nanti dan bisa bermanfaat untuk kalian pada masa depan. Kalian juga dapat bertanya kepada mahasiswa ataupun lulusan dari jurusan yang ingin kalian pilih tentang pengalaman yang didapatkannya selama berkuliah atau setelah lulus agar mendapatkan lebih banyak informasi dan gambaran soal dunia baru yang akan kalian selami. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan kalian sendiri jangan memilih jurusan karena jurusan tersebut sedang populer atau karena pilihan orang lain seperti orang tua, keluarga, guru, atau teman karena yang akan menjalaninya nanti adalah kalian sendiri bukan orang lain dan yang paling mengerti apa yang terbaik bagi diri kalian adalah diri kalian sendiri. Point yang paling penting untuk kalian ingat adalah kuliahlah untuk mencari ilmu yang di mana ilmu tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi dirimu sendiri maupun orang banyak, bukan karena keterpaksaan atau hanya karena ingin mengejar gelar saja.
ADVERTISEMENT
Semoga tulisan ini dapat membantu kalian dalam mengambil keputusan yang terbaik saat memilih jurusan. Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca, semoga harimu selalu menyenangkan setiap harinya!:)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020