• 1

Gempa 6,6 SR di Laut Banda Terasa Hingga Australia

Gempa 6,6 SR di Laut Banda Terasa Hingga Australia



Gempa 6,6 SR di Laut Banda terasa hingga Darwin, Australia. Gempa itu tidak berpotensi tsunami, namun karena cukup kencang menyebabkan banyak orang berlarian keluar rumah karena panik.
BMKG merilis, gempa tektonik itu tepatnya berpusat di Laut Banda pada jarak 357 km arah barat barat laut Kota Saumlaki dengan kedalaman 173 km pada pukul pukul 07.17.17 WIB, Rabu (21/12).
Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan dalam wilayah luas seperti di Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kai Kecil, Pulau Damar, Pulau Moa, Pulau Timor, Pulau Wetar, dan Pulau Alor, pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI.
“Menurut laporan, guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh banyak orang bahkan beberapa warga berlarian keluar rumah karena panik. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan kerusakan sebagai akibat dampak gempa bumi,” tulis BMKG dalam laman resminya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh banyak orang bahkan beberapa warga berlarian keluar rumah karena panik.

- BMKG

Media Australia, 9news.com.au, melansir bahwa goncangan gempa itu juga dirasakan oleh masyarakat di Darwin, negara bagian Northern Territory.
"Panci dan wajan berderak dan seluruh rumah dan segala sesuatu bergetar," kata warga Darwin, Andy Chandler, kepada radio ABC.



BMKG menyebut, gempa di Laut Banda ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa menengah, sehingga wajar jika guncangannya dirasakan dalam wilayah yang luas. Gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas Subduksi Banda dengan laju sekitar 20 mm/tahun ke arah barat laut di Cekungan Weber bagian selatan.
“Cekungan laut dalam di Banda ini populer disebut sebagai zona Deep Weber,” kata BMKG.

Gempa di Laut Banda

Gempa di Laut Banda (Foto: BMKG)

Data BMKG menunjukkan bahwa beberapa tahun terakhir di zona Deep Weber ini memang mengalami peningkatan aktivitas seismik yang cukup signifikan. “Kemarin, Selasa (20/12) di zona ini juga terjadi gempa bumi M=5,2 dan dirasakan di Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Kai Kecil,” jelas BMKG.

AustraliaGempa BumiBMKG

500

Baca Lainnya