• 1

Tak Lagi Takut Menyeberang Berkat Terowongan Stasiun Manggarai

Tak Lagi Takut Menyeberang Berkat Terowongan Stasiun Manggarai



Terowongan Stasiun Manggarai

Tangga menuju/dari terowongan Stasiun Manggarai. Terowongan ini akan mempermudah penumpang menyeberang ke peron lain tanpa harus melewati rel lagi. (Foto: Aria Pradana)
Kabar gembira bagi komuter yang sering transit di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Kini terowongan penyeberangan penumpang atau underpass passanger crossing yang dibangun sejak awal 2015 di bawah stasiun sudah bisa dilewati.
Dengan adanya terowongan ini maka penumpang tidak harus berpindah peron dengan melewati rangkaian rel kereta. Selama ini, sistem pindah peron dengan cara itu cukup menyulitkan dan membahayakan keselamatan karena sering kali penumpang harus berlari-lari atau tertahan oleh kereta yang lewat.
Padahal lalu lintas di Stasiun Manggarai sangat padat. Selain menjadi stasiun transit utama bagi KRL, stasiun juga dilewati kereta-kereta luar kota.
Pengamatan Kumparan pada Rabu (14/12) pagi, terowongan itu sudah dipakai pejalan kaki untuk menyeberang peron. Di terowongan tampak beberapa tukang masih bekerja untuk pekerjaan akhir (finishing).

Terowongan Stasiun Manggarai

Terowongan Stasiun Manggarai dibangun sejak awal tahun 2015. Ini merupakan stasiun kedua setelah Stasiun Senen. (Foto: Aria Pradana)

Dengan adanya terowongan ini, kini pejalan kaki tak perlu lari-lari lagi untuk menyeberang peron. Laju kereta pun makin mulus karena tidak terhalang dengan lalu lalang penyeberang.
“Saya senang bisa lewat terowongan ini, nggak perlu takut lagi menyeberang peron,” kata Nita, pegawai swasta di Jalan Sudirman, yang biasa transit di Manggarai.
Terowongan itu telah dipakai penyeberang sejak pekan lalu. Kipas angin tertempel di kiri-kanan tembok memberi kesejukan.

Terowongan Stasiun Manggarai

Terowongan Stasiun Manggarai sudah bisa dilewati masyarakat (Foto: Aria Pradana)

Terowongan Stasiun Manggarai akan menjadi terowongan kedua di bawah stasiun setelah Stasiun Senen. Namun ukuran terowongan di Manggarai lebih besar dibandingkan di Senen, yaitu 60 meter x 7 meter.
Terowongan Stasiun Manggarai dibangun oleh anak perusahaan PT KAI, yaitu Kereta Api Properti ‎Manajemen (KAPM). Diharapkan terowongan diresmikan sebelum pergantian tahun baru sehingga bisa memperlancar arus kereta di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2017.

ArsitekturNewsJakarta

500

Baca Lainnya