News
·
12 November 2020 21:47

Live Corona Update: Umrah, Antara Rindu Baitullah dan Takut Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video
Mengunjungi Tanah Suci Makkah adalah impian bagi seluruh umat Islam, tak terkecuali di Indonesia. Sayangnya, pandemi corona yang menyerang sejak akhir 2019 membuat penyelenggaraan ibadah haji dan umrah sempat dibatalkan.
ADVERTISEMENT
Beruntung, menjelang akhir 2020, akhirnya pemerintah Arab Saudi membuka kembali akses umrah bagi jemaah dari luar negaranya. Tentunya, dengan sejumlah syarat panjang dan ketentuan ketat demi mencegah virus corona menyebar semakin cepat.
Live Corona Update: Umrah, Antara Rindu Baitullah dan Takut Corona (11543)
Live Corona Update- Azhar Ghazali. Foto: kumparan
Tiga kloter jemaah umrah dari Indonesia pun diberangkatkan pada tanggal 1, 3, dan 8 November 2020. Sayangnya, dari kloter pertama, tercatat ada lima jemaah yang terpapar corona sebelum sempat melaksanakan ibadah di Masjidil Haram.
Jemaah yang positif terpaksa diisolasi di Arab Saudi. Sedangkan teman-temannya satu kloter melanjutkan ibadah dan kini sudah kembali ke tanah air.
Live Corona Update: Umrah, Antara Rindu Baitullah dan Takut Corona (11544)
Jemaah umrah melaksanakan tawaf di Masjidil Haram di tengah guyuran hujan, Rabu (4/11). Foto: Youtube/@Youtube Makkah Live
Lantas, bagaimana pelaksanaan ibadah umrah selama pandemi COVID-19? Bagaimana persiapan dan penanganan jika ada jemaah yang terpapar sebelum atau setelah menjalankan ibadah di Masjidil Haram?
ADVERTISEMENT
kumparan akan membahasnya bersama Waketum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI), Azhar Ghazali, pada Jumat (13/11) pukul 14.00 WIB dalam 'Live Corona Update: Umrah, Antara Rindu Baitullah dan Takut Corona'.
Untuk memudahkan menyaksikan live streaming Live Corona Update, Anda bisa menyimpan artikel dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalender Anda melalui Google Calendar atau iCal.