OK OCE Gandeng OK OCE Forever Ciptakan Mentor 'Hebat' Public Speaking & Coaching

OK OCE
Gerakan Sosial Penciptaan Lapangan Kerja Berbasis Kewirausahaan
Konten dari Pengguna
9 Februari 2024 15:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari OK OCE tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Silaturahmi dan Pelatihan Coaching Public Speaking
zoom-in-whitePerbesar
Silaturahmi dan Pelatihan Coaching Public Speaking
ADVERTISEMENT
Bandung - Dalam rangka mendukung dan memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, OK OCE Indonesia bersama Komunitas Penggerak OK OCE Forever Bandung menggelar Silaturahmi sekaligus Training of Trainer (ToT) Mentor pada Kamis (25/1), di Update Cafe Bandung.
ADVERTISEMENT
Kegiatan tersebut turut juga terdapat pemberian materi Coaching dan Public Speaking, yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada pelaku UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka dengan lebih efektif.
Sulistio, MM, CPC, CEAP selaku Profesional Coach dan Direktur Program OK OCE Indonesia menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.
Ia menekankan betapa pentingnya niat dalam memulai pelatihan, "Dalam sebuah pelatihan perlu memiliki niat dalam diri untuk belajar lebih baik, jadi jika materinya baik tidak dibersamai dengan niat baik maka akan sia-sia".
Sulistio yang hangat disapa 'Coach Sulis' tersebut juga menekankan dalam Coaching perlu memiliki keterampilan dasar yaitu Mendengar.
"Seorang Coach harus memiliki keterampilan dasar mendengarkan masalah dari Coachee, sebab tugas Coach adalah memprovokasi pikiran Coachee untuk keluar dari masalahnya," jelas Sulis.
ADVERTISEMENT
Suatu Coaching bisa memberikan manfaat bagi pribadi maupun kelompok, maka dari itu sangat berperan besar bagi pelaku UMKM yang ingin menciptakan pengembangan dalam timnya.
Bersamaan dengan Coaching, seorang pelaku UMKM perlu juga untuk bisa memiliki skill Public Speaking. "Alasan ibu-bapak perlu mengikuti pelatihan Public Speaking karena dapat berguna untuk menyampaikan ide, memasarkan produk hingga membangun hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis," jelasnya.
Pada akhir kegiatan, Sulis memberikan tugas berupa Praktik Coaching dan Public Speaking sebagai dorongan para peserta yang merupakan anggota OK OCE Forever tersebut untuk membiasakan kedua kegiatan tersebut dalam kesehariannya.
Selain itu, diharapkan ilmu yang telah diperoleh para peserta dapat dibagikan pula ke para anggota UMKM yang membutuhkan Coaching dan Public Speaking.
ADVERTISEMENT