Pencarian populer
USER STORY
28 Juni 2019 22:49 WIB
0
0

5 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Membuatnya Gampang Rusak

Merawat rambut keriting tidak boleh sembarangan, karena rambut keriting lebih mudah kering dan patah dibanding rambut lurus.
ADVERTISEMENT
Ini dia 5 kesalahan merawat rambut keriting yang membuatnya gampang rusak!
1. Mengeringkan rambut dengan handuk kasar
Jangan mengeringkan rambut dengan handuk kasar, apalagi sambil digosok-gosok dengan kencang. Coba gunakan handuk dengan serat yang kecil dan halus, kalau susah membelinya, kita juga bisa memakai kaus bekas untuk mengeringkan rambut.
Caranya, bungkus rambut basah di handuk halus. Kemudian diamkan beberapa menit sampai air terserap, dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.
2. Terlalu sering keramas
Keramas memang baik, namun jika dilakukan setiap hari, sampo akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala, terutama untuk sampo yang memiliki bahan kimia yang keras. Minyak alami ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan helai-helai rambut.
ADVERTISEMENT
Bagi Moms yang memiliki rambut keriting tebal, cukup keramas seminggu sekali. Sedangkan untuk rambut keriting yang tipis, kita harus keramas 2-3 kali dalam seminggu. Selebihnya, kita bisa gunakan dry shampoo untuk menjaga kesegaran rambut.
3. Salah memakai sisir
Agar tidak kusut, kita tidak boleh asal menggunakan sisir, karena sisir yang salah malah akan membuat rambut jadi patah. Gunakan sisir khusus bergigi jarang untuk memisahkan helaian rambut, biasanya sisir ini disebut detangling brush.
4. Menggunakan produk dengan bahan yang keras
Bagi si rambut keriting, kita harus menghindari produk rambut yang mengandung sulfat dan paraben. Dua bahan itu dapat membuat kulit kepala kering, iritasi, helai rambut jadi kering, dan patah.
ADVERTISEMENT
Untuk rambut keriting yang lebih terawat dan halus, kita harus menggunakan produk rambut dengan bahan-bahan yang alami dan lembut di kulit kepala.
5. Melewatkan kondisioner
Rambut keriting memang memiliki tekstur yang lebih kering dibanding rambut lurus. Selain itu, rambut keriting juga cenderung lebih mudah kusam dan kusut. Oleh sebab itu, kita tidak boleh melewatkan penggunaan kondisioner setelah keramas.
Selain kondisioner, kita juga bisa gunakan deep conditioning atau hair mask setiap seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan rambut tetap lembut, berkilau, dan terhidrasi.
Kalau tahu cara perawatan yang tepat, pasti rambut keriting kita bisa jadi lebih indah!
ADVERTISEMENT
Artikel dari Orami Parenting
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86