kumparan
24 Mei 2019 23:32

Bolehkah Mengombinasi ASI dengan Susu Formula?

asi.jpg
ASI adalah nutrisi yang paling penting bagi bayi selama enam bulan pertama kehidupannya. Namun, tidak sedikit bayi yang memang terpaksa minum susu formula di usia awal kehidupannya tersebut atau mengonsumsi kombinasi ASI dan susu formula.
ADVERTISEMENT
Bolehkah mengombinasi ASI dengan susu formula untuk bayi?
Mengombinasi Hanya dalam Kondisi Terpaksa
Memperkenalkan bayi pada susu formula beberapa minggu kehidupannya atau beberapa bulan kemudian tidak mengindikasikan bahwa masa menyusui Moms akan segera berakhir.
Menurut dr. Yoga Devaera, SpA, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mengombinasi ASI dan susu formula bisa dilakukan jika terpaksa. Artinya, jika tidak ada pilihan lain selain memberikan susu formula bergantian dengan ASI. Kombinasi ini tidak akan merusak sistem pencernaan, khususnya usus, namun berisiko memicu alergi.
Beberapa kondisi terpaksa yang dimaksud antara lain:
ADVERTISEMENT
  • Ketika Moms membutuhkan waktu tidur ekstra
Mengombinasi Bukan Mencampurkan ASI dan Susu Formula dalam Botol yang Sama
asi1.jpg
Kata kombinasi sering disalahdiartikan mencampurkan ASI dengan susu formula dalam satu botol. Apakah boleh dilakukan?
Akan jauh lebih bermanfaat lebih banyak memberikan ASI perah kepada bayi sebelum memberikan susu formula (meskipun diperlukan). Semakin banyak nutrisi, probiotik, serta berbagai faktor antiinfeksi dari dalam ASI, semakin baik juga kesehatan dan tumbuh kembangnya.
Sheela Geraghty, M.D., direktur medis Cincinnati Children’s Center for Breastfeeding Medicine, menyarankan untuk konsultasikan dengan dokter anak. Moms mungkin disarankan memompa ASI untuk meningkatkan produksinya, termasuk mengonsumsi makanan-makanan untuk meningkatkan produksi ASI.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Jan Barger, seorang konsultan laktasi untuk Wheaton Pediatrics menyarankan lebih baik susui bayi hanya dengan ASI. Namun, dalam kondisi tertentu, Moms bisa memberikan 30 ml atau maksimal 60 ml susu formula untuk Si Kecil secara bergantian dengan ASI.
Mencampur ASI dan susu formula dalam satu botol akan mengubah komposisi ASI, termasuk membuat ginjal bayi harus bekerja ekstra karena mikronutrien yang ada di dalam susu formula lebih pekat dari ASI.
Oleh karena itu, jangan pernah mencampur ASI dengan susu formula. Berikan secara terpisah. Selain itu, patuhi selalu panduan membuat susu formula yang benar dan seduh susu formula menggunakan air panas.
Artikel dari Orami Parenting
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan