Mom
·
15 Oktober 2020 0:07

Lagi Program Hamil? Intip 3 Efek KB IUD bagi Suami

Konten ini diproduksi oleh Orami Parenting
Saat menggunakan KB IUD, biasanya kekhawatiran Moms tentang kehamilan akan berkurang. Ketakutan akan kondom yang bocor, berat badan yang naik karena pengaruh hormon, lupa minum pil sepertinya menghilang saat alat kontrasepsi kecil berbentuk T itu ditanamkan ke dalam rahim.
ADVERTISEMENT
IUD juga diklaim 99 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Beberapa bukti juga menunjukkan hubungan antara IUD pelepas levonorgestrel seperti Mirena dan penurunan risiko kanker endometrium, ovarium, pankreas, dan paru-paru dikutip National Center of Biotechnology Information .
IUD tembaga juga dapat menurunkan risiko kanker endometrium dan bahkan mungkin kanker serviks
Apakah ada efek IUD bagi suami karena bisa merasakannya?

Apakah KB IUD Mempengaruhi Suami?

Lagi Program Hamil? Intip 3 Efek KB IUD bagi Suami (25519)
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan penelitian pada ribuan perempuan di seluruh dunia. Hasilnya menunjukkan bahwa seorang pria hampir tidak dapat merasakan KB IUD saat berhubungan seks.
Pertanyaan tentang efek IUD bagi suami kebanyakan perempuan hampir tidak dapat membantahnya. Sebab, ada beberapa Dads yang mengungkapkannya.
Tetapi penelitian juga menegaskan bahwa pria yang mengeluh mungkin secara tidak sadar bereaksi terhadap situasi tersebut, lebih seperti efek plasebo.
ADVERTISEMENT
Menurut Dr. Rachna Vanjani, dokter kandungan yang pernah menulis artikel tentang IUD, rata-rata panjang vagina perempuan sekitar 10 sentimeter. Leher rahim - bukaan rahim - berada di ujung atas vagina.
“Sangat jarang pasangan Anda merasakan tali IUD, saya sudah memasang IUD selama enam tahun. Saya sudah memasang ratusan IUD, bahkan mungkin ribuan. Sangat jarang saya memiliki keluhan,” jelasnya.
Untuk memberi menjawab rasa penasaran Moms terkait efek KB IUD bagi suami, perhatikan beberapa fakta seputar KB IUD di bawah ini:
  1. KB IUD Tidak Memengaruhi Dorongan Seks
"Ada dua jenis IUD: non-hormonal dan hormonal, keduanya tidak berdampak pada hasrat seksual atau perasaan saat berhubungan seks," kata Jaime Knopman, MD, pakar kesuburan di New York di Colorado Center untuk Pengobatan Reproduksi.
ADVERTISEMENT
Jaime menambahkan, seharusnya hal tersebut juga tidak akan dirasakan oleh Dads. "Anda seharusnya tidak merasakan IUD Anda saat berhubungan seks. Bahkan, Anda mungkin tidak akan tahu IUD Anda ada di sana,” kata dia.
Menurutnya, karena KB IUD dipasang di rongga rahim, tentu tidak akan berefek langsung bagi suami karena Dads tidak dapat melihat atau merasakannya. “Jadi seharusnya tidak berdampak negatif pada kehidupan sekskehidupan seks Anda," jelasnya.
Faktanya, KB IUD dirancang dengan sangat tipis dan hampir tidak terlihat, bahkan menjadi lembut seiring waktu.
  1. Dapat Melakukan Seks secara Spontan
Lagi Program Hamil? Intip 3 Efek KB IUD bagi Suami (25520)
Ini tentu efek positif yang bukan hanya kabar bahagia bagi Moms, tapi juga untuk Dads.
ADVERTISEMENT
"Seks bisa lebih spontan ketika Anda tidak perlu ingat untuk minumpil," kata Jess O'Reilly, Ph.D., seksolog residen untuk Astroglide.
Tetapi tidak terasanya benang tidak selalu berarti IUD telah berhasil berada dalam posisi yang baik di dalam rahim.
Terkadang, benang akan melunak dan melilit di belakang leher rahim yang terasa seperti ujung hidung. Ini biasanya tidak terasa oleh Dads.
Keluhan tentang benang yang menusuk saat berhubungan seks mungkin merupakan tanda bahwa posisi IUD tidak benar atau benang IUD terlalu panjang.
Merasakan benang saat berhubungan seks juga bisa berarti bahwa benang belum melunak, yang akan normal dalam beberapa bulan pertama. Seiring waktu, Dads mungkin tidak merasakannya sama sekali.
ADVERTISEMENT
  1. Tidak Ada Posisi yang Terlarang
"Setiap tubuh berbeda, tetapi jika IUD berada pada posisi yang tepat di dalam rahim, Anda tidak bisa merasakan IUD saat berhubungan seks," kata Sara Twogood, M.D., asisten profesor kebidanan klinis dan ginekologi di Keck School of Medicine di California.
Dengan atau tanpa IUD, beberapa posisi seks mungkin terasa lebih baik daripada yang lain. Cobalah berbagai cara untuk melakukannya dan cari tahu mana yang terasa paling baik. Jangan lupa untuk melakukan foreplay sebelumnya.
Vagina memanjang saat terangsang, yang berarti kecil kemungkinannya untuk merasakan benang IUD saat merasa ‘panas’.
Menurutnya, kebanyakan perempuan mengatakan kehidupan seks dan posisi favoritnya tidak terpengaruh dengan adanya KB IUD.
Ini akan menjadi efek positif bagi Dads meski Moms menggunakan KB IUD. Bukankah ini menyenangkan?
ADVERTISEMENT
Artikel dari Orami Parenting
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white